TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam XVII/Cenderawasih Audiensi Dengan Chief Security Adviser UNDSS

By 19 Sep 2014 17:32Kodam XVII/Cenderawasih
IMG_4918

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M. menerima Chief of Security United Nations Departement of Safety and Security (UNDSS) Mr. Omar Castiglioni di Ruang Cycloops Makodam XVII/Cenderawasih. Rabu (17/09).

Dalam pertemuan tersebut, Mr. Omar Castiglioni mengucapkan terima kasih atas kesediaan Pangdam XVII/Cenderawasih dalam meluangkan waktunya untuk pertemuan tersebut. Beliau juga sangat terkesan dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi dari prajurit Kodam XVII/Cenderawasih.

Sementara itu, Pangdam menjelaskan kepada Mr Omar tentang tugas pokok Kodam XVII/Cenderawasih yaitu menjamin kedaulatan NKRI di wilayah Papua, menjamin keutuhan wilayah dan menjaga keselamatan bangsa. Namun Kodam XVII/Cenderwasih sedikit unik jika dibandingkan dengan Kodam-Kodam lain di Indonesia karena di wilayah Papua masih ada kelompok yang berbeda paham mengenai konsep NKRI.

Pangdam menekankan bahwa kelompok yang berbeda paham tidak ditempatkan sebagai musuh, namun sebaliknya mereka dianggap sebagai saudara. Sehingga dalam penanganannya didahulukan tindakan persuasif. Tindakan tegas akan diambil jika ada kelompok yang bersenjata dan mengganggu serta meneror masyarakat. Tindakan tegas tersebut semata-mata untuk mambantu kepolisian dalam upaya penegakan hukum.

Pangdam juga mengklarifikasi segala isu negatif tentang Papua yang selama ini dihembuskan dengan menunjukkan bukti-bukti otentik. Mulai dari kemajuan pembangunan yang begitu pesat di Papua dan tidak adanya perbedaan hak dan kewajiban masyarakat Papua dengan masyarakat di daerah lainnya. Selain itu Pangdam juga menunjukkan betapa prajurit Kodam XVII/Cenderawasih ikut berperan aktif dalam pembangunan Papua dan sangat menghormati dan mencintai masyarakat Papua serta menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia (HAM) dalam setiap pelaksanaan tugas.

Turut hadir dalam acara tersebut, Irdam XVII/Cenderawasih, Asops, Asren, Danpomdam, Kapendam, dan beberapa perwira staf Kodam XVII/Cenderawasih. (Prd/Cen)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam XVII/Cenderawasih Audiensi Dengan Chief Security Adviser UNDSS