TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Panglima TNI Tinjau Kesiapan Peringatan ke-69 Hari TNI di Koarmatim

By 05 Sep 2014 17:48Berita Satuan
04 PANGLIMA TNI TINJAU KESIAPAN HUT KE 69 TNI DI KOARMATIM 2

(Puspen TNI). Upacara Peringatan ke-69 Hari TNI sebentar lagi akan digelar di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim). Beberapa persiapan telah dilakukan, baik kesiapan pasukan upacara parade dan defile maupun kesiapan pendukung lainnya. Guna mengecek persiapan tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko meninjau kesiapan latihan tersebut di Dermaga Koarmatim Ujung Surabaya, Kamis (4/9/2014).

Kedatangan Panglima TNI di Koarmatim disambut Pangarmatim Laksda TNI Sri Mohamad Darojatim selaku tuan rumah, kemudian berturut-turut diterima Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, Kasau Marsekal TNI IB Putu Dunia, Wakasal Laksdya TNI Didit Herdiawan, M.P.A, M.B.A, Wakasad Letjen TNI M. Munir, dan pejabat teras TNI lainnya.

Kegiatan Panglima TNI di Koarmatim diawali dengan penandatanganan prasasti Monumen Jenderal Sudirman di Lounge Majapahit Koarmatim, yang nantinya akan ditempatkan di Mako Kogartap III Surabaya.

Pagi itu seluruh kekuatan pasukan upacara parade dan defile dari beberapa batalyon ketiga angkatan digelar. Panglima TNI dengan sangat serius mengamati satu per satu jalannya upacara parade dan defile, terdiri dari Drum Band Taruna Akademi TNI, satu Kompi Perwira Menengah dan dua Kompi Perwira Pertama, Brigade I upacara terdiri dari satu Batalyon POM TNI, Gabungan Wanita TNI dan Taruna Akademi TNI. Brigade II Upacara TNI AD terdiri dari satu Batalyon Kopassus, Infanteri Lintas Udara-503 Kostrad serta satu Batalyon 500 Raider.

Kemudian Brigade III Upacara TNI AD terdiri dari satu Batalyon 512/Quratara Yudha, Batalyon Kavaleri-3/Tank, Anandaka Chakti, Batalyon Arhanudse-8/Marawaca Buana berikutnya Brigade IV TNI AL terdiri dari satu Batalyon Bintara, satu Batalyon Tamtama pelaut, dan satu Batalyon Marinir. Selanjutnya Brigade V TNI AU terdiri dari satu Batalyon Air Crew, Batalyon Bintara Tamtama Paskhas TNI AU serta satu Batalyon Pegawai Negeri Sipil TNI. Disamping itu juga diikuti satu Unit Korps Musik Gabungan TNI yang terdiri dari Korsik Korem 084/Baskara Jaya, Korsik Kobangdikal, Korsik Lantamal V dan Korsik Lanmar Surabaya.

Pada kesempatan tersebut Panglima TNI menyampaikan, bahwa pada acara puncak Peringatan ke-69 Hari TNI defile pasukan akan dinilai dan dilombakan mulai dari batalyon terbaik dan brigade terbaik. Menurut Panglima TNI, masih ada waktu satu bulan bagi para komandan pasukan untuk melatih pasukannya di satuan masing-masing agar menjadi yang terbaik.

“Saya ingin HUT TNI berjalan sangat baik, untuk dapat melaksanakannya harus diawali dengan latihan yang baik pula. Prinsipnya, perencanaan, persiapan, dan latihan sudah sangat bagus,” tegas Panglima TNI.

Usai meninjau kesiapan pasukan upacara parade dan defile selanjutnya Panglima TNI meninjau kegiatan Tactical Floor Game (TFG) bertempat di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) Koarmatim.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Panglima TNI Tinjau Kesiapan Peringatan ke-69 Hari TNI di Koarmatim