TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pembekalan dan Penajaman Pengetahuan Dasar Intelijen Bagi Bintara Intelijen Kodam XVI/ Pattimura Ta. 2014

By 09 Sep 2014 17:04Kodam XVI/Patimura
Tar Intel Bintara 1

Intelijen berasal dari kata intelegensia yang artinya kecerdasan, atau kaum yang cerdik pandai. Sehingga dalam kamus militer diartikan bebas menjadi kreativitas dan empati dalam melakukan deteksi dini dalam segala bentuk ancaman. Dari pengertian diatas, maka  aparat intelijen adalah mereka yang mempunyai kecerdasan diatas rata-rata, yang mampu selalu berfikiran analisis terhadap apa-apa yang dihadapi, sehingga dengan kecerdasannya tersebut mampu mengolah data menjadi bahan keterangan (Baket) yang sangat menentukan bagi pimpinan dalam pengambilan keputusan.”tegas” Pangdam pada kegiatan Pembekalan dan Penajaman Dasar Intelijen bagi Bintara Intelijen Kodam XVI/Pattimura TA. 2014.

Pembekalan dan Penajaman Pengetahuan Dasar Intelijen Bagi Bintara Intelijen adalah memberikan penyegaran materi intelijen kepada aparat intelijen khususnya Bintara intelijen, dengan sasaran mampu dan memahami taktik dan tekhnik penyelidikan, pengamanan, penggalangan dan administrasi intelijen. Hal tersebut menunjukkan betapa pentingnya kebutuhan aparat intelijen bagi satuan organisasi TNI AD. Karena dengan terpenuhinya aparat intelijen yang betul-betul mempunyai kemampuan seperti yang diharapkan, dapat dipastikan segala tugas-tugas tempur maupun tugas-tugas teritorial akan mencapai keberhasilan, para Bintara Intelijen jajaran Kodam XVI/Pattimura akan di berikan penyegaran dan penajaman kemampuan Intelijen agar selalu terasah kemampuan intelijennya. Materi-materi yang akan diberikan merupakan materi-materi dasar namun menjadi penting karena sangat mendukung dalam pelaksanaan tugasnya untuk dapat mengasah dan menajamkan kemampuan kalian sebagai Bintara Intelijen sekaligus sebagai transfer ilmu sehingga apa yang dipelajari nantinya dapat sejalan dengan situasi dan perkembangan yang dihadapi di lapangan.

Mengingat pentingnya pembekalan ini, maka kepada peserta agar tetap dipedomani yaitu supaya memanfaatkan kesempatan pembekalan ini dengan sebaik-baiknya, keberhasilan saudara-saudara dalam mengikuti proses pembekalan ini akan sangat berarti bagi pelaksanaan tugas di lapangan, Ikuti pembekalan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab, tanyakan hal-hal yang belum dimengerti kepada pemberi materi, Patuhi semua aturan dan ketentuan yang berlaku. Prioritaskan faktor keamanan/pengamanan, hindari kerugian personel maupun materiil selama mengikuti kegiatan pembekalan ini.”tegasnya”.

Diakhir sambutannya Pangdam berpesan kepada penyelenggara selenggarakan pembekalan ini dengan sebaik-baiknya guna mening-katkan ketajaman analisa Bintara intelijen jajaran Kodam XVI/Pattimura sesuai dengan harapan kita bersama, berikanlah bahan materi dengan cara dan bahasa mudah dipahami oleh para peserta, sehingga dapat memberikan pemahaman dan bekal yang sangat berharga guna melaksanakan tugasnya setelah kembali ke kesatuannya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pembekalan dan Penajaman Pengetahuan Dasar Intelijen Bagi Bintara Intelijen Kodam XVI/ Pattimura Ta. 2014