TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Peranan Soft Skill Dalam Meraih Sukses

By 25 Sep 2014 17:10Kodam I/Bukit Barisan
SOFT SKILL

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Istu Hari S., S.E., M.M. diwakili Kabintaldam I/BB Kolonel Kav Halilintar, S.H pimpin acara pembukaan pelatihan Soft Skill mulai tanggal 22 s.d 24 September 2014 di Ruang Manunggal Lt V Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Selasa (23/9)

Dalam arahannya Kabintaldam I/BB mengatakan Soft Skill merupakan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (Interpersonal Skill) dan keterampilan mengatur dirinya sendiri (Interpersonal Skill) yang mampu mengembangkan unjuk kerja maksimal. Soft Skill disebut juga sebagai keterampilan lunak berupa sifat-sifat atau karakter positif yang berinternalisasi dalam diri seseorang. Soft Skill adalah suatu istilah sosiologis yang menunjuk pada sekelompok sifat kepribadian, keselarasan sosial, kemampuan berbahasa, kebiasaan personal, keramahtamahan dan optimisme seseorang yang menempatkan orang pada berbagai tingkatan. Soft Skills melengkapi Hard Skill yang diperlukan secara teknis dalam kehidupan. Soft Skill adalah sifat personal yang penting untuk meningkatkan interaksi individual, prestasi kerja, dan prospek kerja. Berbeda dengan Hard Skill yang menunjukkan kecenderungan orang melakukan tugas atau aktivitas tertentu, soft skill dapat digunakan secara luas tidak terbatas pada tugas atau aktivitas tertentu saja. Keterampilan intra personel terbagi 2 yakni : Kesadaran diri dan Ketarampilan diri. Kesadaran diri meliputi : Kepercayaan diri, Penilaian diri, Sifat dan Preferensi serta Kesadaran emosi. Ketrampilan diri meliputi : Peningkatan diri, Pengendalian diri, Manajemen sumber daya dan Proaktif.

Lebih lanjut Kabintaldam I/BB menyampaikan beberapa materi Soft Skill terdiri dari lima materi yakni Materi Intra Personal, Materi Inter Personal Of Motivator Frofesional, Bintal Rohani, Bintal Idiologi dan Bintal tradisi kejuangan. Selanjutnya Kabintaldam I/BB menyampaikan tujuan pelatihan Soft Skill, untuk membekali Perwira Pertama agar mampu mengembangkan : Kecapakan intra personal yang meliputi : Mengembangkan jati diri prajurit, Mengembangkan intra personel (Hubungan antar Perwira melalui sosiometri dan kepemimpinan lapangan). Motto Soft Skill “Rahasia kesuksesan tidaklah sulit untuk ditemukan. Semakin baik anda berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain, semakin baik pula kualitas hidup anda”.

Hadir dalam acara tersebut Motivator Nasional Hari Subagya, Kukuh Wahyu Adji M, Para Perwira sejajaran Kodam I/BB. (Pendam I/BB)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Peranan Soft Skill Dalam Meraih Sukses