TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Korem Terima Pembinaan Mental Dari Kodam II/Swj

By 11 Sep 2014 15:25Kodam II/Sriwijaya
IMG_0135

Kodam II/Sriwijaya mengirimkan Mayor Inf Saibudin jabatan Kasi Bindoklis Taka Bintaldam II/Swj dan Kapten Caj Samsul Ma’ Arif untuk memberikan pembinaan mental dalam kegiatan Bintal Fungsi Komando kepada Prajurit dan PNS Korem 045/Gaya Rabu 10/09/2014 di Aula Makorem.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Staf Korem Letkol Inf Eko Prayitno beserta 250 orang prajurit dan PNS yang berasal dari satuan jajaran Korem 045/Gaya antara lain Kodim 0413/Bangka, Kompi B Yonif 141/AYJP Sungailiat dan Satuan Balakrem.

Pembinaan mental diawali dengan pengarahan Kasrem yang menyatakan tiga sinyalemen Bintal Fungsi Komando yaitu kita hidup ini hanya sementara dan orang yang sudah meninggal tidak akan hidup kembali .

Sinyalemen kedua raihlah ilmu setinggi-tingginya dan ketiga hidup diibaratkan makan buah yang didalam buahnya ada dua macam rasa asam dan manis yang diartikan dalam kehidupan ini, rasa pada buah tersebut akan dialami setiap orang termasuk prajurit.

Sementara Mayor Saibudin menyatakan bahwa mental merupakan salah satu unsur yang ada dalam diri manusia termasuk prajurit dan PNS TNI AD yang kondisinya dapat berubah oleh berbagai pengaruh lingkungan baik internal maupun eksternal.

Peranan Bintal sangat penting dan besar dalam kehidupan prajurit untuk mencapai keberhasilan tugas pokok, untuk mewujudkan itu Bintal harus dilaksanakan secara terus menerus, terpadu dan konsisten.

Kondisi mental prajurit yang diharapkan prajurit yang mempunyai jati diri sebagai prajurit Rakyat, pejuang, Nasional dan professional dan mempunyai watak beriman, bertaqwa, bermoral berdisiplin dan bertanggung jawab serta setia kepada NKRI. selain itu mempunyai etika sesuai dengan 8 wajib TNI. Jelasnya.

Dalam kegiatan ini diadakan simulasi Sapta Marga yang diperagakan oleh prajurit Kompi B Yonif 141 yang dibentuk dalam tiga Tim yaitu Tim A,B dan C dan peragaan ini ada Komandan Satuan Perwira Staf, Perwira Bintal, Fasilitator dan notulen.

Tim A Memutar dadu untuk mendapatkan nomor pertanyaan. Sesudah mendapatkan soal pertanyaan maka fasilitator mengajukan pertanyaan yang akan ditujukan kepada Tim A,B dan C selanjutnya jawaban dari Tim B dan C akan ditanggapi oleh Perwira Staf, Pa Bintal, para penonton/prajurit yang hadir maupun Komandan Satuan. (Penrem 045/Gaya)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Dinas Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kodam IX/Udayana Kostrad Kodam Iskandar Muda Kodam XIV Hassanudin Kodam IV/Diponegoro Kodam XVI/Patimura
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Korem Terima Pembinaan Mental Dari Kodam II/Swj