TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Serbuan Teritorial Calon Babinsa Jajaran Korem 084/BJ

By 12 Sep 2014 04:22Kodam V/Brawijaya
PESERTA CALON BABINSA

Surabaya (11/9). 184 prajurit calon Bintara Pembina Desa (Babinsa) alumni Secabareg yang baru masuk satuan Korem 084/Bhaskara Jaya mendapat siraman ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang Pembinaan Teritorial di Aula Bhaskara Korem 084/Bhaskara Jaya. Pembekalan pengetahuan dan aplikasi keteritorialan serta karasteristik wilayah Korem 084/BJ secara umum bertujuan agar prajurit calon Babinsa yang baru masuk satuan kewilayahan segera dapat menyesuaikan dengan penugasan di Komando kewilayahan.

Amanat Danrem 084/Bhaskara Jaya pada Pembukaan Pembekalan Calon Babinsa yang dibacakan Kasrem 084/BJ Letkol Inf Agung Dwi Kuncoro, berpesan agar para prajurit calon Babinsa baru di Kodim-Kodim jajaran Korem 084/BJ segera menyesuaikan diri dengan lingkungan dan mampu merubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang berasal dari satuan tempur menjadi insan Teritorial sejati. Calon Babinsa baru yang mayoritas berasal dari satuan tempur maupun Banpur pada umumnya mempunyai kebiasaan bersikap/bertindak kurang sabar dan hanya mau bertindak atas perintah secara berkelompok. Semua kebiasaan tersebut tentunya sudah tidak sesuai dengan tantangan dan kondisi medan penugasan yang baru.

Danrem mengingatkan bahwa tantangan dan dinamika sosial kemasyarakatan sekarang ini berkembang dengan cepat, potensi gejolak sosial juga sulit diprediksi. Oleh karena itu prajurit kewilayahan pertama-tama harus mampu mendekatkan diri, membaur dan diterima dengan baik di lingkungan masyarakat, sehingga diharapkan semakin cerdas, peka dan proaktif untuk mendeteksi setiap potensi konflik yang timbul di wilayahnya.

Masyarakat sekarang lebih membutuhkan sosok prajurit yang senantiasa, dapat menjadi suri tauladan bagi lingkungan dan sekaligus menjadi insan pelindung dan pengayom masyarakat. Sikap jujur, rendah hati, sopan, peka/peduli terhadap sesama, mudah bergaul, dapat bersahabat dan diterima oleh semua unsur maupun lapisan masyarakat lebih diharapkan. Prajurit kewilayahan harus mampu menciptakan dan menyesuaikan dengan iklim/suasana yang penuh dengan nuansa dialogis, kekeluargaan, kebersamaan dan kedamaian/ketenteraman di masyarakat.

Hadir dalam pembekalan tersebut para Kasirem 084/Bj, Kabalakrem dan seluruh perwira Korem 084/BJ. Pembekalan yang akan berlangsung selama 6 hari diharapkan mampu menggodok calon-calon Babinsa yang nantinya benar-benar dapat menjadi Babinsa yang mumpuni, berprestasi dan dicintai serta mampu merebut simpati hati rakyat. (Pen084).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Serbuan Teritorial Calon Babinsa Jajaran Korem 084/BJ