Skip to main content
Kostrad

Upacara Pembukaan Latma Garuda Shield-8 Tahun 2014

Dibaca: 1769 Oleh 05 Sep 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Asem bagus, Situbondo(01/09) Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Mayjen TNI Bambang Haryanto, S,Sos M.M dan didampingi Letjend Stephen R. Lanza Selaku Inspektur Upacara dalam upacara pembukaan latma Garuda Shield-8 tahun 2014 yang dilaksanakan di Dodiklatpur Rindam V/BRW Asembagus, Situbondo dengan kekuatan personel kurang lebih 1.055 Personel yang terdiri dari 619 Prajurit Kostrad dibawah pimpinan Kolonel Inf. Agung Pambudi (Danbrigif 6/2/K) selaku Danlat dan 436 Prajurit dari tentara USA (USERPAC) dibawah pimpinan Brigjen Lewinz. Alutsista yg digunakan dari pihak USA berupa Ranpur Styker, Heli Blackhawk dan Heli Apache. Sedangkan Alutsista dari pihak Indonesia berupa Ranpur Anoa, Ranpur Panhard, Heli Bell 412 dan Heli MI-17.

Latihan gabungan ini akan dilaksanakan selama 1 bulan mulai tanggal 01 September sampai dengan 30 September 2014 bertempat di Depo Pendidikan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Rindam V/Brawijaya dan Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatmar), Situbondo. Latma Garuda Shield-8/2014 dibagi menjadi Kolat gabungan(CTOX), Geladi posko(CPX), Geladi lapang(FTX), Penerbang(Aviation) dan Kesehatan(Medical) serta kegiatan Bhakti sosial.

Baca juga:  Panglima TNI Serahkan Bea Siswa Kepada Siswa Pemanjat Tiang Bendera di Aru 2017

Dalam pelaksanaan Latma Garuda Shield Tahun kali ini, difokuskan kepada berbagai materi Latihan. Pertama, materi operasi perdamaian (PBB) dengan metoda Gladi Posko (Command Post Exercise). Selanjutnya, peserta yang berbeda akan melaksanakan Latihan Geladi Lapang (Field Training Exercise) dengan materi Operasi Lawan Insurjensi. Yang ketiga, materi perawatan dan evakuasi kesehatan bagi personel kesehatan. Dan yang terakhir adalah latihan bersama personel Penerbad atau Aviation dalam operasi taktis dengan bantuan serangan udara.

Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya yang dibacakan oleh Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Panglima Korps 1 Angkatan Darat Amerika Serikat, Letnan Jenderal Stephen R. Lanza atas kesempatan yang diberikan kepada prajurit TNI Angkatan Darat untuk melaksanakan latihan bersama. Tujuan dari Latihan bersama ini selain dapat meningkatkan profesionalisme keprajuritan dan interoperability di antara peserta latihan, juga diharapkan dapat meningkatkan kerjasama, saling percaya dan persahabatan (confidence building measure) dengan tetap memegang teguh prinsip persamaan derajat dan hubungan timbal balik antar Angkatan Darat kedua negara.

Baca juga:  Taipur Kostrad Meriahkan Pembukaan Indo Defence Expo 2018

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel