TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

UPACARA HUT TNI KE 69 DI BALIKPAPAN DIRAMAIKAN BERBAGAI ATRAKSI DAN DEFILE ALUTSISTA TNI

By 08 Oct 2014 00:00Kodam VI/Mulawarman
20141007b (2)

Balikpapan, (07/10). Gemuruhnya tepuk tangan para undangan serta penonton warga Balikpapan dan sekitarnya mengiringi pelaksanaan Defile Alutsista TNI dalam puncak peringatan HUT ke-69 Hari jadi TNI tahun 2014 di wilayah Balikpapan yang dipusatkan di halaman Kodam VI/Mulawarman Balikpapan, hari Selasa (07/10). Peserta upacara diikuti oleh pasukan TNI (AD, AL, AU), Polri (Brimob), PNS TNI, Ormas Pemuda Panca Marga dan Pramuka.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kolonel PNB Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M. (Danlanud Balikpapan), Turut hadir Gubernur beserta para Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Timur, Ketua DPRD Prov Kaltim, Walikota Balikpapan, Ketua DPRD Balikpapan, Dishub Balikpapan, Pimpinan Pertamina UP V Balikpapan, para Asisten Kodam VI/Mlw dan Dan/Ka Balakdam VI/Mlw, Para Bupati/Walikota se Kalimantan Timur, para Pimpinan BUMN/Swata, para tokoh Agama, masyarakat Pemuda serta Ibu ketua Persit PD VI/Mlw dan pengurus.

Dalam amanat tertulis Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko yang dibacakan oleh Kolonel PNB Ir. Tri Bowo Budi Santoso, M.M. (Danlanud Balikpapan), mengucapkan “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia” kepada segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI beserta keluarga dimanapun berada dan bertugas, teriring ucapan terima kasih serta penghargaan yang sebesar-besarnya atas pengabdian selama ini.

Memaknai filsafat dan hakikat hari jadinya TNI ke-69 tahun 2014, yang secara matematis TNI telah menghitung kemajuan yang telah di capai, baik pembangunan fisik kekuatan dan kemampuan, serta pembangunan spiritual dan kultural dengan meningkatkan kualitas perannya sebagai komponen bangsa, serta tugasnya sebagai unsur keamanan dan pertahanan negara, yang implementasinya di tunjukkan dengan ketaatan dan kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Kali ini HUT ke-69 tahun 2014 mengambil tema “PATRIOT SEJATI, PROFESIONAL DAN DICINTAI RAKYAT”.

Dari tema tersebut, TNI ingin menunjukan bahwa TNI sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit, yang “cinta negara”, “cinta bangsa”, “cinta rakyat” dan “cinta kehidupan”, yang makna kepatriotannya ditujukan untuk mengawal demokrasi dan
menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI secara profesional, menuju indonesia yang aman dan sejahtera.

Lebih lanjut Panglima TNI menegaskan bahwa TNI sebagai patriot sejati dan pembangunan serta pengembangan profesionalisme TNI, merupakan realisasi Renstra 2010-2014, akan ditampilkan pada HUT TNI ke-69 tahun 2014, dengan harapan dapat menjadi kebanggaan dan membangkitkan kecintaan rakyat kepada TNI, serta memberikan kepercayaan atas kekuatan sendiri bangsa Indonesia dalam melanjutkan pembangunan nasional.

Di akhir amanatnya Panglima TNI mengajak kepada seluruh Prajurit dan PNS TNI dapat memaknai usia TNI ke-69 ini, dengan tekad dan janji, untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian dimasa-masa yang akan datang.

Usai acara Parade dilanjutkan dengan atraksi bela diri Yong Moodo dan Karate, peragaan penanggulangan Teroris (Gultor), Aero Modeling, Paralayang dengan membawa spanduk Dirgahayu HUT TNI ke-69 tahun 2014, Defile Prajurit TNI dan PNS TNI, Defile Alutsista TNI dan pendukungnya serta puncak acara diakhiri dengan syukuran dengan pemotongan tumpeng oleh Irdam VI/Mlw Kolonel Inf Restu Widiyantoro, M. DA.dan panggung prajurit yang dilaksanakan di halaman Makodam VI/Mlw Balikpapan. (Pendam VI/Mlw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

UPACARA HUT TNI KE 69 DI BALIKPAPAN DIRAMAIKAN BERBAGAI ATRAKSI DAN DEFILE ALUTSISTA TNI