Skip to main content
Kodam III/Siliwangi

Kasdam III/Slw Irup Pembukaan TMMD ke-93 di Cirebon

Dibaca: 1468 Oleh 10 Okt 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Kepala Staf Kodam III/Siliwangi Brigjen TNI Suyatno bertindak selaku Inspektur Upacara pada pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-93 TA. 2014 di lapangan sepak bola Desa Jagapura Lor, Kecamatan Gegesik, Kab.Cirebon, Kamis (9/10).

Pada Kesempatan tersebut Kasdam membacakan Amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo selaku Penanggung Jawab Operasional TMMD,  yang diantaranya disampaikan bahwa Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat khususnya untuk wilayah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil maupun terisolir. Sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana dan Prasarana maupun infrastruktur di wilayah masih sangat relevan.

Menurut Kasad, dalam konteks kepentingan akselerasi pembangunan, TMMD dapat dinilai sebagai suatu terobosan yang efektif, efisien dan produktif. Pelaksanaannya seirama dengan tekad pemerintah untuk memacu kreativitas dan prakarsa masyarakat dalam pembangunan, maka pola pendekatan TMMD tersebut, sungguh sangat sinkron, dan sekaligus selaras dengan upaya pemerintah mengembangkan mekanisme bottom up, sebagai alih kendali pembangunan.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam hubungan Tut Wuri Handayani dengan bottom up, maka yang utama adalah bagaimana masyarakat desa bisa mendefinisikan keperluan dan kepentingannya sendiri, sehingga proses pembangunan benar-benar dari, oleh dan untuk masyarakat yang bersangkutan secara lebih konkrit.

Baca juga:  Pulang Kampung, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra Pimpin Kodam Kasuari

Untuk berhasilnya dalam suatu pembangunan di daerah berkaitan dengan peran bantuan dari TNI, menurut Kasad  TMMD dapat dipandang dari dua segi, yakni pertama, secara substansial TMMD merupakan thesis keterlibatan TNI dalam pembangunan pedesaan. Kedua, dari sisi perakitan atau formulanya, merupakan lompatan metodologi pembangunan, yang mengacu kepada kesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektor fungsi dari beberapa instansi/ lembaga.

Realisasi dari kedua hal tersebut menurut Kasad pada TNI Manunggal Membangun Desa ke-93, TNI Angkatan Darat telah menggandeng kementerian kehutanan RI, untuk mensosialisasikan programnya tentang rehabilitasi dan konservasi sumber daya hutan.

Sementara Bupati Cirebon Drs. Sunjaya Purwadi menyampaikan terima kasih kepada TNI maupun semua pihak yang mendukung kegiatan ini sekaligus berharap kegiatan yang akan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan .

Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati Cirebon Drs.Sunjaya Purwadi beserta unsur FKPD, Kasrem 063/SGJ, Dandim 0620/Kab.Cirebon, Dirpolairud Polda Jabar, Danden C Satbrimob Polda Jabar, Seluruh Dandim Jajaran Korem wilayah III, Tokoh Masyarakat Kab. Cirebon, Organisasi Pemuda Kab.Cirebon serta Organisasi kemasyarakatan. (Penrem 063/SGJ, Pendam III/Slw)

Baca juga:  Kasad Menghadiri Entry Meeting Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Kemhan RI⁣

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel