TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM RESMIKAN YON ZIPUR-18/YKR

By 28 Oct 2014 04:08Kodam IX/Udayana
Zipur

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Torry Johar Banguntoro meresmikan Batalyon Zeni Tempur 18/Yudha Karya Raksaka pada Senin 27 Oktober 2014 di Lapangan Mayon Zipur-18/YKR Gianyar.

Adapun latar belakang pembentukan Yonzipur-8/YKR ini berdasarkan Peraturan Kasad Nomor Perkasad/105/XII/2011 tentang revisi pembangunan kekuatan Pokok Minimum ( Minimum Essential Force) TNI-AD Tahun 2010-2029 dengan berbagai kajian strategis dan pertimbangan yang panjang dalam menghadapi tantangan tugas Kodam IX/Udayana, Kepala Staf TNI-AD memandang perlu untuk mengembangkan satuan Denzipur-9/YKR menjadi Yonzipur 18/YKR yang berkedudukan di Gianyar Bali dengan dislokasi pasukan tersebar di Provinsi Bali (Kabupaten Gianyar dan Kabupaten Buleleng), Provinsi NTB di Mataram dan di Provinsi NTT di Kabupaten Kupang. Gelar kekuatan Yonzipur yang tersebar ini bertujuan untuk membantu tugas-tugas Kodam IX/Udayana dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan prioritas tugas pengamanan VVIP dan membantu pemerintah Daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam dan bantuan kemanusiaan serta membantu Pemerintah Daerah dengan kegiatan Karya Bhakti dan Bhakti TNI.

Selanjutnya Pangdam IX/Udayana dalam amanatnya menyampaikan tentang perkembangan lingkungan strategis dengan berbagai isu tentang ancaman yang dihadapi Kodam IX/ Udayana seperti penyusupan, invasi, gerakan separatis bersenjata dan perkembangan sosial masyarakat terutama di daerah perbatasan, maka pembangunan kekuatan dan penataan kekuatan jajaran Kodam IX/Udayana merupakan kebutuhan yang mendesak dan harus segera dilakukan. Salah satu upayanya adalah dengan pengembangan Denzipur-9 menjadi Batalyon Zipur Organik dengan nama Batalyon Zeni Tempur-18/Yudha Karya Raksaka, langkah ini merupakan salah satu solusi yang tepat dalam rangka mengoptimalkan peran dan tugas pokok Kodam IX/Udayana.

Batalyon Zeni Tempur-18/Yudha Karya Raksaka adalah Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) yang berkedudukan langsung di bawah Pangdam IX/Udayana dengan tugas pokok menyelenggarakan konstruksi dan destruksi guna memperbesar daya gerak pasukan sendiri dan memperkecil daya gerak pasukan musuh, mempertinggi kelangsungan hidup dan kemampuan operasi satuan manuver Kodam serta kemampuan Nubika pasif.

Diharapkan kehadiran Batalyon Zeni Tempur-18/Yudha Karya Raksaka dapat memberikan dukungan secara proporsional sesuai dengan tugas dan fungsinya agar Kodam IX/Udayana sebagai kompartemen strategis benar-benar dapat mandiri dan memiliki dukungan secara optimal. Demikian tegas Pangdam mengakhiri amanatnya.

Hadir pada acara peresmian tersebut Kasdam IX/Udayana,Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Para Asisten, Danlanal Denpasar, Danlanud Ngurah Rai, Para Kabalakdam IX/Udayana, Persit Kartika Chandra Kirana PD IX/Udayana, serta sejumlah undangan lainnya. (Pendam IX/Udayana).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM RESMIKAN YON ZIPUR-18/YKR