TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Apel Pagi Kodam Jaya Diawali Senam Tera dan Lari

By 01 Oct 2014 17:06Kodam Jaya
OLAHRAGA

Manusia mencerminkan ciri sebuah sistem yang amat sempurna, terutama ditinjau aspek fisik-fisiologi. Gerak yang tampak merupakan hasil kerja keseluruhan sistem yang sinkron dan menyatu antara jiwa dan badan (body and mind) yang membentuk suatu individu sebagai pribadi. Keolahragaan adalah gerak laku manusia dalam bentuk gerak insani, terutama keterampilan gerak yang dapat dikuasai melalui belajar. Tujuan akhir yang ingin dicapai dalam pendidikan jasmani dan olahraga adalah tercapainya kesejahteraan paripurna umat manusia karena sebenarnya Kesehatan yang ditimbulkan dari olahraga adalah sebuah kesejahteraan yang paling hakiki bagi manusia.

Menyikapi penekanan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam apel Komandan Satuan 2014 yang dilaksanakan awal September lalu di Yonif 413/Bremoro, mengenai Pembinaan Satuan (Binsat) yang diantaranya bahwa setiap Prajurit TNI AD harus dapat menjaga kebugaran fisik melalui olahraga secara continue yang terpola, hingga tercapainya kesehatan untuk mendukung Tugas Pokok TNI AD. Dalam hal ini Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Agus Sutomo menyambut baik penekanan tersebut, dengan memerintahkan seluruh Anggota Kodam Jaya dan jajarannya baik Prajurit TNI maupun PNS tanpa terkecuali untuk bersama membangun kesadaran untuk menciptakan kesehatan dalam diri.

Tiada pagi tanpa olahraga, tiada pagi tanpa keringat, hal ini dibuktikan oleh seluruh anggota Kodam Jaya dan Jajarannya dalam memulai hari sebelum melaksanakan dinas rutin. Disela-sela kesibukan yang sangat padat, Bagi Satuan Tempur jajaran Kodam Jaya olah raga dimulai pada pukul 05.00, bagi anggota Makodam Jaya dan Satkowil jajaran Makodam Jaya dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 09.00 memulai Apel Pagi dengan Senam Tera yaitu senam yang berasal dari Cina dan merupakan olah raga pernafasan yang dipadu olah gerak. Senam ini diadopsi dari Senam Tai Chi yang berasal dari negeri Cina. Kata Tera sendiri dari kata terapi yang berarti olah raga yang berfungsi sebagai terapi.

Disamping untuk menjaga kebugaran, senam Tera mempunyai banyak manfaat, salah satunya dari setiap gerakannya yakni, gerakan peregangan yang bertujuan untuk meregangkan otot sebelum melakukan gerakan senam, gerakan persendian yakni menggerakan seluruh persendian yang mempunyai manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Gerakan dilanjutkan dengan gerakan pernafasan yang mengadaptasi dari senam Tai Chi oleh karena itu gerakan/jurus Senam Tera Indonesia lembut dan rileks. tidaklah mengherankan bila senam tera dapat diikuti oleh semua kalangan. Seluruh anggota Kodam Jaya melaksanakan kegiatan ini dengan sangat antusias.

Tak hanya selesai disenam tera, melainkan anggota Kodam Jaya melanjutkan kegiatan olah raga pagi dengan Lari jarak minimal 2500 meter dan Lari Sprint 100 meter, tetapi bagi Anggota lainnya yang ingin menambah Kemampuan fisiknya, sangat diperbolehkan untuk menambah jarak dari lari tersebut karena Unsur jasmani sangat berpengaruh bagi Pembinaan Karier seorang Prajurit sebagai salah satu syarat terpenting bagi jenjang karier Prajurit tersebut.  Autentikasi : Kapendam Jaya Kolonel Inf Mukhtar S.I.P

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Apel Pagi Kodam Jaya Diawali Senam Tera dan Lari