TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

APLIKASIKAN HASIL LATIHAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN TUGAS

By 20 Oct 2014 05:31Kodam I/Bukit Barisan
PENUTUPAN

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. yang diwakili Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri tutup Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam Kodam I/BB TA 2014 di Lapangan Upacara Mako Yonif 125/Simbisa Kabanjahe , Jum’at (17/10).

Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si yang dibacakan  Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri mengatakan dengan berakhirnya latihan ini, berarti penyelenggara dan peserta latihan telah menuntaskan seluruh tahapan latihan penanggulangan bencana alam, dengan sasaran latihan memahami dan mampu melaksanakan tugas dan perannya sesuai klaster masing-masing yaitu klaster kesehatan, pencarian, logistik, pengungsian dan perlindungan, pendidikan, sarana prasarana, ekonomi, pemulihan dini,  sesuai rencana operasi penanggulangan bencana alam dan sesuai protap pada tahap tanggap darurat serta prosedur penanggulangan bencana BPBD Provinsi Sumut pada tanggap darurat, untuk itu pengetahuan yang diperoleh selama pelaksanaan latihan , hendaknya dapat dijadikan referensi dalam melaksanakan tugas mendatang dan para peserta dapat mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan satuan guna menghadapi kesiapan taktis maupun teknis pengendalian secara efektif dan efisien.

Lebih lanjut Kasdam I/BB mengatakan hasil latihan ini  agar dapat diaplikasikan dalam menghadapi tantangan tugas yang sewaktu-waktu diberikan oleh komando di medan tugas sebenarnya, agar dapat mencapai hasil optimal yang sangat berguna dalam rangka mendukung tugas perbantuan kepada pemerintah daerah. Sebelum mengakhiri amanatnya Pangdam I/BB menyampaikan beberapa penekanan yang segera dilaksanakan setelah kegiatan ini, kepada pelaku latihan : Pengetahuan dan keterampilan yang telah di dapatkan dari pelaksanaan latihan ini jadikan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas di lapangan sehingga tugas dapat tercapai dengan optimal. Selanjutnya kepada penyelenggara latihan : Laksanakan koreksi dan evaluasi latihan yang telah dilaksanakan, sebagai masukan kepada pelaku sebagai perbaikan latihan yang akan datang dan laksanakan penilaian hasil latihan untuk mengetahui dan mengukur hasil latihan guna mendapatkan umpan balik dalam merumuskan kebijaksanaan selanjutnya serta segera dibuat laporan hasil latihan sebagai pertanggungjawaban dan masukan kepada pimpinan tentang data dan fakta dari kegiatan latihan yang telah dilaksanakan guna kepentingan pengendalian dan pembinaan latihan pada masa mendatang.

Hadir dalam acara tersebut Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Dandim 0205/TK , Bupati Karo , Kepala BNPB Karo dan Kepala Basarnas Karo .

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

APLIKASIKAN HASIL LATIHAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN TUGAS