TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Dandim 0829/Bangkalan Pimpin Gelar Pengamanan Pelantikan Presiden/Wapres

By 20 Oct 2014 05:45Kodam V/Brawijaya
DSC_9272

Bangkalan (17/10). Pada hari Jumat 17-10-2014, Komandan Kodim 0829/Bangkalan Letkol Inf Lucky Avianto memimpin langsung apel gelar pasukan pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI di Lapangan Desa Tanah Merah Dajah Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan. Jumlah personel yang hadir dalam apel gelar pasukan tersebut berjumlah 200 orang terdiri dari : 1 SSK Satgas TMMD (100 orang), 1 Ton Kodim 0829 (30 orang), 1 Ton Pemda Bangkalan ( 30 orang), 1 Regu Polsek Tanah Merah (15 orang) dan ditambah tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama Desa Tanah Merah Dajah.

Semangat pantang menyerah tampak terlihat diwajah para personel Satgas TMMD ke-93 pada saat melaksanakan Apel Gelar pasukan yang di laksanakan di Lapangan Desa Tanah Merah Dajah Kec. Tanah Merah Kab. Bangkalan. Walaupun kegiatan TMMD ke- 93 telah memasuki Minggu ke II dan mencapai hasil sekitar 80%, namun hal tersebut tidak menurunkan semangat dan moril bekerja bagi personel yang tergabung dalam Satuan Setingkat Kompi (SSK) TMMD ke-93. Selain bertugas mengamankan wilayah Kabupaten Bangkalan, Satgas TMMD ke-93 juga bertekad menyelesaikan semua target/sasaran fisik maupun non fisik yang telah direncanakan secara tuntas.

Dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Komandan Kodim 0829 Bangkalan Letkol Inf Lucky Avianto, Komandan Korem 084/BJ Kolonel Arh Nisan Setiadi, SE menegaskan bahwa gelar pasukan pengamanan ini merupakan bukti  komitmen tugas  dan  kesiapsiagaan  prajurit  dan  satuan  jajaran Korem 084/BJ  dalam  mengamankan  wilayah  Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Madura  dan  penyelenggaraan  pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan digelar pada tanggal 20 Oktober 2014.

Lebih jauh Danrem 084/BJ mengatakan bahwa, Presiden dan Wakil Presiden adalah lambang negara, di dalamnya terdapat kedaulatan negara, hal tersebut sangat berkaitan dengan tugas pokok TNI yaitu menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Di dalam UU No 34 dengan tegas dinyatakan bahwa tugas TNI salah satunya adalah mengamankan Presiden, Wakil Presiden dan Kepala Pemerintahan. TNI akan bekerjasama dengan Kepolisian RI dalam pengamanan ini. “Untuk itu setiap rantai komando harus jelas dan tegas, sehingga seluruh personel yang terlibat dapat  menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya ” tegas Kolonel Arh Nisan Setiadi, SE.

Korem 084/BJ dan Kodim jajarannya diharapkan selalu siap mengawal dan menjaga stabilitas wilayah, termasuk memberikan tugas bantuan pengamanan kepada kepolisian apabila diminta sesuai prosedur bantuan yang telah ditetapkan.  Danrem 084/BJ  menekankan  kepada  para komandan dan  unsur  pimpinan  satuan,  segera mengorganisir  satuannya untuk siap sedia jika sewaktu-waktu diminta karena perkembangan situasi.

Hendaknya setiap satuan senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi guna setiap saat dapat mengantisipasi segala kemungkinan dan perkembangan situasi yang terjadi di wilayah. Tingkatkan  hubungan kerjasama dan koordinasi  yang baik  dengan aparat-aparat  terkait, sehingga  menjamin  penyelenggaraan  Pelantikan Presiden RI/Wakil  Presiden RI  tahun  2014  dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar serta kondusif.

Kolonel Arh Nisan Setiadi, SE menegaskan, “Hindari sikap keragu-raguan dan bertindaklah secara profesional,  dalam  mengantisipasi  setiap  kecenderungan  perkembangan  situasi  yang berpotensi  mengganggu  stabilitas  keamanan”. Pedomani semua ketentuan tentang kebijakan format pengerahan kekuatan dalam tugas serta patuhi  prosedur tetap yang telah digariskan oleh pimpinan dalam melaksanakan tugas pengamanan. “Jaga soliditas dan kekompakan serta jangan mudah terpengaruh oleh upaya provokasi kelompok tertentu yang menyeret prajurit dan institusi TNI ke dalam kepentingan politik praktis.”

Dalam pesannya Danrem 084/BJ juga mengingatkan kapada seluruh prajurit Kodim 0829/Bangkalan  yang terlibat dalam Apel Gelar Pasukan ini, agar semakin memperkuat kemampuan antisipatif prajurit dan satuan jajaran Korem 084/BJ  terhadap berbagai potensi konflik baik vertikal  maupun horizontal  yang mungkin timbul.

Sebelum menutup amanatnya Danrem 084/BJ menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Bangkalan, apabila ingin menyelenggarakan suatu  kegiatan baik dalam bentuk syukuran atau pesta, agar tidak berlebihan dan  tidak mengganggu ketertiban masyarakat. “Pelaksanaan kegiatan tersebut hendaknya dapat ditata dan diatur ketertibannya sehingga semua berjalan dengan aman, tertib dan nyaman” ujar Danrem 084/BJ.

Setelah selesai memimpin Apel Gelar Pasukan, Dandim 0829/Bangkalan mengadakan pemeriksaan dan pengecekan kesiapan Sepeda Motor sesuai indek ke seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa). Pada kesempatan tersebut Dandim 0829/Bangkalan juga menyerahkan Bantuan Secara Simbolis 1000 Pohon Mangga, Pohon Kelapa dan Pohon Rambutan kepada Kepala Desa Tanah Merah Dajah Bapak H.Kafrawi.

Untuk lebih mendekatkan diri, menjalin silaturahmi, kebersamaan dan kekeluargaan dengan masyarakat, tim kesehatan Korem 084/BJ bekerja sama dengan Pukesmas Tanah Merah menggelar pengobatan massal. Masyarakat desa Tanah Merah sangat antusias memanfaatkan moment pengobatan gratis tersebut dengan berbondong-bondong memeriksakan diri/berobat ke petugas kesehatan yang berada di Pos Kesehatan.

Hadir dalam apel gelar pasukan Kasdim 0829, Mayor Inf Syaiful Bahri, Kapolsek Tanah  Merah, Para Danramil Jajaran Kodim 0829/Bangkalan, apel berjalan aman, tertib dan lancar.(Pen084)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Dandim 0829/Bangkalan Pimpin Gelar Pengamanan Pelantikan Presiden/Wapres