TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

DANDIM 1006/MTP MENGHADIRI PEMBUKAAN PELATIHAN KELOMPOK KERJA REHABILITASI HUTAN

By 24 Oct 2014 19:49Kodam VI/Mulawarman
20141023d

Martapura, (23/10). Bertempat di Wisma Abadi Jl. Mentri Empat Kel. Keraton Kec. Martapura Kab. Banjar Dandim 1006/Mtp Letkol Inf Ade Eka Putra, S.I.P mengikuti Pelatihan Kelompok Kerja Kegiatan Rehabilitasi Hutan Kawasan Konservasi Tahura Sultan Adam (Kerjasama Kementrian Kehutanan dengan TNI) tahun 2014 yang dibuka oleh Kepala BPDAS Barito Bapak Sudaryono, SH ditandai dengan pemasangan pita tanda peserta.

Selain dihadiri Dandim 1006/Mtp, sejumlah 10 orang personel Babinsa Kodim 1006/Mtp mengikuti Pelatihan Kelompok Kerja Kegiatan Rehabilitasi Hutan Kawasan Konservasi Tahura Sultan Adam bersama-sama masyarakat untuk mendapatkan pembekalan dan praktek okulasi bibit karet, akasia dan trambesi yang akan ditanam di Wilayah Kawasan Konservasi Tahura Sultan Adam.

Kerjasama antara Kementerian Kehutanan dengan Tentara Nasional Indonesia telah dilakukan sejak lama, salah satunya pada tahun 2011 yaitu dengan penandatanganan MoU untuk melakukan rehabilitasi hutan di Kawasan hutan konservasi dan perlindungan hutan yang tertuang dalam MoU No. NK.06/Menhut-II/2011 dan No.Kerma/7/III/2011 tanggal 24 Maret 2011. Berdasarkan hasil evaluasi dari MoU tersebut, ternyata pelaksanaan rehabilitasi hutan di kawasan konservasi yang dilakukan dengan TNI menunjukkan keberhasilan yang baik. Keberhasilan tersebutlah yang mendasari perpanjangan MoU antara Menteri Kehutanan dengan Panglima TNI kali ini.

Sebagai program strategis nasional yang cukup penting maka Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) pada saat ini dan masa mendatang akan terus mendapatkan prioritas dan penanganan yang serius, menyeluruh, berkelanjutan dan terpadu dengan baik dalam perencanaan, pengolahan maupun evaluasi oleh Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat dan stakeholder lainnya.

Untuk mensosialisasikan program Rehabilitasi Hutan dan Lahan Tahun 2014 ini balai pengolahan DAS Barito yang merupakan UPT Pusat Kementerian Kehutanan telah bekerjasama dengan Kodim 1006/Mtp, Tahura Sultan Adam Kalsel telah merencanakan kegiatan rehabilitasi hutan konservasi seluas 500 Ha di wilayah Taman Hutan Raya Sultan Adam khususnya Riam Kanan.

Kepada para peserta pelatihan kelompok kerja kegiatan hutan konservasi Tahura Sultan Adam, ikutilah semua materi yang disampaikan oleh penyaji/pengajar agar dalam praktek pembuatan tanaman RHL nanti bisa terlaksana sesuai aturan yang berlaku semoga cita-cita mewujudkan kelestarian sumber daya hutan dan lingkungan yang sejalan dengan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai.

Pembukaan pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Tahura Sultan Adam, Dandim 1006/Mtp, Kasi Program DAS, Kasi Evakuasi DAS, Pasiter Kodim 1006/Mtp dan KSBTU yang diikuti peserta sebanyak 30 orang terdiri dari TNI 10 orang dan masyarakat 20 orang. Pelaksanaan pelatihan ini berlangsung selama 2 hari.

(Kodim 1006/Mtp)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANDIM 1006/MTP MENGHADIRI PEMBUKAAN PELATIHAN KELOMPOK KERJA REHABILITASI HUTAN