TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Danrem 011/LW: Semakin Tinggi Pangkat Yang Dimiliki Bagi Setiap Prajurit Maka Semakin Besar Pula Rasa TanggungJawabnya

By 02 Oct 2014 18:52Kodam Iskandar Muda
DSC_0234 (1)

Lhokseumawe, Sebanyak 759 Orang Prajurit jajaran Korem 011/LW terhitung Mulai tanggal 1 Oktober 2014 menerima kenaikan Pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula, Masing-masing parjurit yang menerima kenaikan pangkat terdiri dari Pamen sebanyak 1 orang, Pama sebanyak 8 orang, Bintara 245 orang, Tamtama sebanyak 502 orang. Acara pelaksanaan Upacara Korps Raport kenaikan pagkat di lakasanakan bertempat di Gedung KNPI Lhokseumawe, Rabu (1/10) 2014. Kegiatan Upacara tersebut di pimpin oleh Komandan Korem 011/Lilawangsa Kolonel Inf Hipdizah dan di hadiri seluruh Prajurit Korem 011/Lilawangsa.

Komandan Korem (Danrem) 011/Lilawangsa Kolonel Inf Hipdizah dalam sambutannya mengatakan. semakin tinggi pangkat yang dimiliki bagi seorang prajurit, maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus diterima dan diembankan kepada setiap prajurit tersebut. Artinya, kenaikan pangkat yang diterima harus Benar-benar dapat dipertanggungjawabkan kepada Keluarga, Satuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Saya harapkan bahwa dengan pangkat dan kemampuan yang dimiliki saat ini, dapat di aplikasikan dan di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik di tengah-tengah Keluarga, Masyarakat dan terutama di dalam Satuan masing-masing.

Sehubungan dengan kenaikkan pangkat ini, kepada seluruh prajurit yang menerima kenaikan pangkat, saya harapkan agar mampu mempertangungjawabkan makna dari kenaikan pangkat tersebut, sehingga dalam hati sanubari prajurit sekalian, akan tertanam suatu pemahaman, bahwa kenaikan pangkat diberikan secara objektif, layak dan terukur kepada seorang prajurit yang berprestasi, disamping itu, kenaikan pangkat juga harus dapat dijadikan sebagai sarana dan wahana untuk mengevaluasi dan mengintrospeksi diri.

Kita ketahui bersama, Bahwa dalam setiap kehidupan Militer, kepada setiap prajurit yang mampu menunjukan Prestasi, Loyalitas dan Dedikasi akan diberikan Pangkat, Namun yang patut di garis bawahi adalah, kenaikan pangkat yang diberikan bukanlah merupakan suatu yang mudah di dapat bagi seorang prajurit. Tentu sebelumya harus melalui mekanisme dan prosedur penilaian yang matang dan objektif, sehingga Pimpinan menilai sudah pantas Prajurit untuk diberikan kenaikan Pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Pangkat semula.

Karena tidak sedikit bagi prajurit yang lain masih belum dapat menerima kenaikan pangkat, hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal dan catatan dan penilaian. Oleh karena itu saya meminta agar kenaikan pangkat yang diterima saat ini dapat dijadikan wahana dan sarana untuk terus memacu dan meningkatkan Motivasi dan Prestasi Kinerja di Satuan tugas Masing-masing.

Danrem 011/Lilawangsa menambahkan, Dalam kapasitasnya, sebagai prajurit selain dituntut kewajibannya sebagai Abdi Negara dan Abdi Masyarakat, yang tentunya terkait akan Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI, diharapkan prajurit TNI kedepan lebih Solid, Tangguh, Kokoh dan Kuat dalam menangkal dan menjaga Kedaulatan serta Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Dimana Pancasila yang merupakan Dasar Negara sudah banyak mengalami percobaan gangguan dari Pihak-pihak yang tidak menginginkan Pancasila menjadi Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesa, namun berkat kegigihan Para Pejuang, Pahlawan dan seluruh Elemen Masyarakat dari Sabang sampai Merauke, Pancasila sampai detik ini tetap beridiri Tegak, Kohoh dan Kuat sebagai pondasi dan landasan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pungkas Kolonel Inf Hipdizah.

Menurut Kolonel Inf Hipdizah, selain kewajiban yang harus dilaksanakan, tentu sebagai prajurit juga harus menerima Hak-haknya yang merupakan suatu bentuk Prestasi, yang patut disyukuri seperti halnya pada hari ini Para Perwira, Bintara dan Tamtama jajaran Korem 011/Lilawangsa menerima kenaikan pangkat lebih tinggi dari pangkat semula.

Perlu disadari, bahwa apa yang di terima oleh para prajurit saat ini, bukanlah merupakan hal yang mudah di dapat, tentu semuanya harus memerlukan perjuangan dan pengorbanan oleh setiap prajurit sekalian, sehingga setelah pimpinan melakukan penilaian yang matang dan objektif maka bagi parjurit yang memiliki Kondite dan Prestasi kinerja dengan Baik dan Optimal, maka sudah berhak bagi prajurit untuk dinaikkan pangkatnya. Namun kepada prajurit yang belum bisa dinaikkan pangkatnya agar jangan merasa putus asah, segera perbaiki Kondite dan kinerja Para prajurit di Satuan Masing-masing, agar pada Priode berikutnya bisa di usulkan untuk kenaikan pangkatnya.

Namun yang terpenting adalah, bahwa kenaikan pangkat bagi seorang prajurit, merupakan Nikmat dan Karunia serta Anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, yang patut disyukuri oleh para prajurit dan keluarganya, sehingga diharapkan dengan kenaikan pangkat para prajurit sekalian, dapat memberikan Motivasi dan Semangat untuk meningkatkan Etos kerja Para prajurit di Satuan Masing-masing dalam mendukung kelancaran pelaksanaan tugas yang telah diembankan secara Profesional dan Proporsional. Ungkapnya.

Diakhir sambutannya Danrem 011 menyampaikan, Tak lupa saya selaku Komandan Korem 011/Lilawangsa menyampaikan ucapan Selamat dan Apresiasi kepada seluruh prajurit mulai dari Perwira, Bintara dan Tamtama yang telah menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. semoga apa yang di capai saat ini mendapat Ridho dan Rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.

Hadir pada acara pelaksanaan Upacara Korps Raport kenaikan pagkat tersebut antara lain: Dandim 0103/Aut, Para Kasi dan Pasi Korem 011/LW, Para Komandan Satuan Dinas Jawatan dan Kabalak Jajaran Korem 011/LW, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 011 dn Para Pengurus Persit KCK Koorcab Rem 011, Para Pewira, Bintara dan Tamtama Jajaran Korem 011/LW yang hadir pada saat itu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danrem 011/LW: Semakin Tinggi Pangkat Yang Dimiliki Bagi Setiap Prajurit Maka Semakin Besar Pula Rasa TanggungJawabnya