TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

IRDAM VI/MLW SERAHKAN 27 EKOR HEWAN QURBAN KEPADA PHBI

By 06 Oct 2014 21:51Kodam VI/Mulawarman
20141006i

Balikpapan,(06/10) Pemerintah Indonesia telah menetapkan hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijah 1435 Hijriyah jatuh pada hari Minggu 5 Oktober 2014, begitu juga di Kodam VI/Mlw ikut melaksanakan hari raya Idul Adha pada hari Minggu 5 Oktober 2014 yang ditandai dengan Sholat Idul Adha secara berjamaah oleh ratusan jamaah yang terdiri dari prajurit, PNS, keluarga serta masyarakat sekitar Makodam VI/Mlw yang dilaksanakan di Lapangan Makodam VI/Mlw Balikpapan dengan bertindak selaku Imam pada kesempatan sholat Idul Adha tersebut adalah Mayor Caj. Ridwan, S.Ag. dari Bintaldam VI/Mlw .

Dengan penuh semangat serta antusias para anggota TNI dan PNS Kodam VI/Mlw serta masyarakat mendengarkan dengan seksama Khutbah yang disampaikan oleh penceramah. Dalam ceramahnya Mayor Caj. Ridwan. S.Ag. menyampaikan tema tentang “Dengan hikmah Idul Adha kita mantapkan kebersamaan Prajurit TNI dengan Rakyat guna memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa”.

Usai pelaksanaan sholat Idul Adha Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.IP., diwakili Irdam VI/Mlw Kolonel Inf Restu Widiyantoro, M. DA. menyerahkan secara simbolis 27 ekor hewan qurban diantaranya 23 ekor sapi dan 4 ekor kambing kepada ketua PHBI TNI Balikpapan Mayor Caj. Drs. H. M Solehuddin Siregar, MM.

Dalam pendistribusian daging kurban diserahkan kepada pihak yang berhak menerima yakni para mustahak dari satuan-satuan, panti asuhan, Masjid/Mushola dan fakir miskin yang telah terdaftar oleh Panitia pelaksana kurban PHBI Balikpapan.

Sementara itu dalam sambutan tertulis Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.IP., yang dibacakan oleh Irdam VI/Mlw menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Panitia Hari Besar Islam TNI (PHBI TNI) Balikpapan, atas kerjasama yang terjalin dengan baik selama ini.

Suasana yang kita rasakan di hari raya Idul Adha ini tentunya berbeda dengan perayaan Idul Fitri. Perbedaan itu adalah karena Idul Adha atau yang sering kita kenal dengan Idul Qurban mengingatkan kepada kita bagaimana proses perjuangan Nabi Ibrahim AS, untuk menyembelih putranya sendiri yang bernama Ismail AS, putra yang di tunggu-tunggu selama bertahun-tahun.

Disinilah Nabi Ibrahim dituntut untuk memilih antara melaksanakan perintah Allah SWT atau mempertahankan buah hati yang dicintainya, sebuah pilihan yang cukup dilematis. Namun karena ketaqwaan kepada Sang Kholiq melebihi segalanya, maka perintah tersebut beliau laksanakan, walau pada akhirnya Nabi Ismail AS digantikan dengan qibas.

Peristiwa ini adalah menjadi titik awal dianjurkannya perintah untuk berqurban bagi umat Islam, terutama bagi mereka yang mampu, maka dengan adanya perintah berqurban tersebut, kita juga diberi kesempatan untuk memanifestasikan rasa solidaritas kita kepada sesama dengan cara membagi-bagikan daging qurban kepada fakir miskin dan kaum dhuafa di sekitar tempat tinggal kita.

Usai pelaksanaan Sholat Idul Adha dan Khutbah kemudihan penyerahan 27 ekor hewan qurban berupa sapi dan kambing secara simbolis oleh Irdam VI/Mlw kepada Ketua PHBI dilanjutkan dengan prosesi penyembelihan hewan qurban bertempat di lapangan Bekangdam VI/Mlw dengan disaksikan langsung oleh Pa Ahli Pangdam, para Asisten, Kabalak, Komandan Satuan serta sejumlah prajurit dan PNS Kodam VI/Mlw. Untuk lebaran Idul Adha 10 Dzulhijah 1435 H ini Kodam VI/Mlw menyembelih 23 ekor sapi dan 4 ekor kambing. (Penerangan Kodam VI/Mlw)

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kostrad Kodam XVI/Patimura Kodam I/Bukit Barisan Kodam IX/Udayana Kodam Jaya Kodam XVII/Cenderawasih Kodam V/Brawijaya Kodam II/Sriwijaya
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

IRDAM VI/MLW SERAHKAN 27 EKOR HEWAN QURBAN KEPADA PHBI