TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Jenderal India Apresiasi Prajurit TNI di Lebanon

By 27 Oct 2014 17:25Pasukan Garuda
P1000206

(Lebanon, 26 Oktober 2014). Deputy Force Commander (DFC) United Nation Interim Force In Lebanon (UNIFIL), Brigadir Jenderal Tarundep Kummar asal India sangat mengapresiasi prajurit yang tergabung dalam Kontingen Garuda (Konga) TNI dalam melaksanakan latihan Contingency Plan yang diselenggarakan di UNIFIL HQ, Naqoura Lebanon Selatan, kemarin. Apresiasi tersebut diberikan setelah orang nomor dua di UNIFIL mengikuti seluruh rangkaian skenario yang dimunculkan dalam latihan tersebut, yang berlangsung pada pagi dan malam hari.

Apresisasi Jenderal Tarundep Kummar secara serius dan sungguh-sungguh disampaikannya pada saat debriefing di ruang rapat conference room 2, yang diikuti oleh seluruh Komandan Satuan yang terlibat dalam latihan tersebut.

Kegiatan evaluasi dilakukaan sesaat setelah Jenderal berbintang satu tersebut melakukan inspeksi udara dengan menggunakan Helicopter Ital Air, guna melihat seluruh aksi yang dilakukan oleh prajurit TNI dalam mengatasi seluruh trouble spot yang ditimbulkan secara simultan antara lain mengatasi timbulnya 3 skenario siang hari antara lain unruly mob situation at entry gate, force entry, and artillery shelling dilanjutkan dengan 3 skenario pada malam hari antara lain lobbying of hand grenades into greeen hill garrison, shelling and sniper. Seluruh skenario yang ditimbulkan dapat diatasi dengan ketanggapsegeraan yang tinggi dengan aksi yang cepat ke sasaran oleh prajurit-prajurit TNI.

Di tahap evaluasi latihan, Komandan Satgas (Dansatgas) Indo FPC (Indonesia Force Protection Commpany) Konga XXVI-F2/UNIFIL Mayor Inf Aulia Dwi Nasrullah menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggotanya yang ikut latihan saat itu yang telah menunjukkan keseriusannya dan semangat dalam latihan, hingga DFC memberikan penilaian yang baik.

“Yang terpenting dalam latihan ini adalah bahwa skenario yang ditimbulkan adalah situasi yang paling mungkin terjadi di AoR kita, oleh karenanya ketanggapsegeraan dan ketrampilan dalam bereaksi harus kita pelihara setiap saat” ujar Mayor Inf Aulia mengakhiri evaluasinya.

Sementara itu dalam debrefing, DFC UNIFIL tak lupa juga mengucapkan terimakasih dan rasa bangga kepada Kolonel Inf Adipati Karnawijaya selaku Komandan Satgas FHQSU (Force Headquarter Support Unit) atas inisiatifnya dalam menggagas dan mengkoordinasikan latihan ini, sehingga penyelenggaraan latihan berjalan dengan lancar serta kepada seluruh prajurit Konga TNI atas keseriusan dan semangatnya dalam mengikuti latihan yang telah dilaksanakan.

Latihan kali ini merupakan latihan pertama yang diselenggarakan di UNIFIL dan merupakan tahapan lanjutan dari latihan Meditteranian Storm Table Top Exercise yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu. DFC berpesan bahwa, latihan ini akan menjadi latihan periodik di UNIFIL guna meningkatkan kesiapsiagaan dan interoperabilitas seluruh brunch UNFIL dalam menghadapi situasi yang terburuk. Authentikasi : Pasiops Satgas FPC Konga XXVI-F2/UNIFIL, Mayor Inf Akhmad Juni Toa

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XII/Tanjungpura Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Dinas Penerangan Tips Kesehatan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Jenderal India Apresiasi Prajurit TNI di Lebanon