TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KASAD BUKA TMMD 93 DI KODIM 1009/PELAIHARI

By 12 Oct 2014 04:35Kodam VI/Mulawarman
20141010c

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo didampingi Aster Kasad dan Kadispenad membuka pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-93 di lapangan Makodim 1009/Pelaihari Provinsi Kalimantan Selatan yang dihadiri oleh Ibu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Gubernur Prov Kalsel beserta unsur FKPD, Kasdam VI/Mlw beserta para Asisten dan Kabalakdam VI/Mlw, para Bupati/Walikota beserta FKPD serta para Tokoh masyarakat Kalsel,  Selain dari unsur TNI, Upacara Pembukaan TMMD diikuti  pasukan dari Polri, Linmas, Pelajar, Petani dan organisasi kemasyarakatan serta perwakilan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya Kasad mengatakan bahwa dalam Upacara Pembukaan TMMD Ke-93, dipusatkan oleh TNI Angkatan Darat di Desa Maluka Baulin, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, yang menjadi wilayah binaan Kodim 1009/Pelaihari Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman.

Pola pendekatan TMMD sangat sinkron, sekaligus selaras dengan upaya pemerintah mengembangkan mekanisme bottom up, sebagai alih kendali pembangunan yang selama ini bersifat top down. Dalam hubungan Tut Wuri Handayani dengan bottom up, maka yang utama adalah bagaimana masyarakat desa bisa mendefinisikan keperluan dan kepentingannya sendiri, sehingga proses pembangunan benar-benar dari, oleh dan untuk masyarakat yang bersangkutan secara lebih konkrit lagi, yang kesemuanya itu akan berdampak positif bagi pembangunan pertahanan negara yang tangguh.

Sasaran fisik yang dilakukan masih diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah akibat terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil. Penetapan sasaran fisik dan non fisik tersebut adalah untuk mewujudkan pencapaian tujuan dan sasaran TMMD.

Adapun sasaran Fisik TMMD 93 di wilayah Kodim 1009/Plh diantaranya membangun pelebaran jalan sepanjang 1,5 km, pembuatan jembatan 3 buah, rehab masjid dan bedah rumah. Setelah kegiatan pembukaan TMMD dilanjutkan dengan atraksi terjun payung dan pelaksanaan bakti sosial kesehatan. Dalam acara tersebut disaksikan sekitar 20 ribu masyarakat Kab Tanah Laut. (Kodim 1009/Plh)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASAD BUKA TMMD 93 DI KODIM 1009/PELAIHARI