TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KASDAM I/BB PIMPIN UPACARA KESAKTIAN PANCASILA

By 02 Oct 2014 05:22Kodam I/Bukit Barisan
kesaktian pancasila

Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Sumantri Irup pada upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2014 Di Lapangan Upacara Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (1/10).

Dalam keterangan Kapendam I/BB Kolonel Inf Samuel Petrus Hehakaya, S.E. mengatakan Pancasila dan UUD 1945 sudah final dan tidak boleh lagi diganggu gugat sebagai landasan dan falsafah yang mengatur dan mengikat kehidupan berbangsa dan bernegara. Tidak ada yang lain, Ideologi Pancasila dan UUD 1945 tidak perlu lagi diperdebatkan lagi. Itu sudah menjadi kesepakatan masyarakat Indonesia ketika negara ini didirikan. Bahkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila tersebut adalah hasil dari penggalian karakter dan budaya masyarakat Indonesia. Salah satu fenomena dalam era Globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil. Di antara nilai atau faham yang melintas-batas itu adalah radikalisme. Faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain. Sudah tentu radikalisme dan faham sejenis lainnya sangatlah bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan. Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukkan dan memungkinkan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sekaligus, kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai-faham radikalisme dan sejenisnya. Untuk itu, kita harus terus-menerus menumbuh kembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi, utamanya para generasi penerus bangsa Indonesia yang kita cintai ini. Dalam konteks ini, pendidikan merupakan sistem yang bisa melakukannya secara efektif, karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman, pengembangan dan pengamalan nilai Pancasila dapat dilakukan secara sistemik, sistematik dan secara masif.

Hadir dalam upacara tersebut, Sahli Pangdam I/BB, Staf Khusus Pangdam I/BB, Asrendam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Pa Liaison TNI AL Kodam I/BB, Pa Liaison TNI AU Kodam I/BB, Para Danyon sewilayah Medan, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam I/BB. (Pendam I/BB)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASDAM I/BB PIMPIN UPACARA KESAKTIAN PANCASILA