TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam IM Pimpin Upacara HUT ke-69 TNI

By 08 Oct 2014 16:11Kodam Iskandar Muda
IMG_4804oka

Kodam IM. Upacara peringantan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-69 tahun 20414 di gelar di lapangan Upacara Blang Padang Banda Aceh, bertindak sebagai Inspektur Upacara Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P. dengan Komandan Upacara Letkol Kav Dedi Safrudin yang kesehariannya bertugas sebagai Danyon Kav 11/Serbu Dam IM. Upacara di ikuti oleh Unsur TNI AD, TNI AL, TNI AU, Kepolisian, PNS Kodam, Satpol PP, Menwa Aceh serta Paskibraka Aceh. Selasa (07/10).

Panglima TNI Jendral TNI Dr. Moeldoko dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Kasdam Iskandar Muda mengatakan, bahwa pada kesempatan ini saya mengajak untuk menengok jauh ingatan ke belakang dan menghitung kembali tahun-tahun yang telah dilalui, dan merefleksikannya guna mencapai kemajuan yang lebih berarti. TNI akan memaknai filsafat dan hakikat hari jadinya ke-69 tahun 2014, yang secara matematis TNI telah menghitung kemajuan yang telah dicapai, baik pembangunan fisik kekuatan dan kemampuan, serta pembangunan spiritual dan kultural. TNI juga merefleksikan dan mengevaluasi hari jadinya untuk meningkatkan kualitas perannya sebagai komponen bangsa, serta tugasnya sebagai unsur keamanan dan pertahanan negara, yang implementasinya ditunjukkan dengan ketaatan dan kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.

Penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan TNI yang telah dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2014. oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT ke-69 ini adalah “Patriot Sejati, Profesional dan Dicintai Rakyat”.  TNI ingin menunjukkan bahwa TNI masih berada pada hakekat dirinya sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit, yang “Cinta Negara”, “Cinta Bangsa”, “Cinta Rakyat” dan “Cinta Kehidupan”, yang makna kepatriotannya ditujukan untuk mengawal demokrasi dan menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI secara profesional, menuju Indonesia yang aman dan sejahtera.

Profesionalisme TNI itu sendiri merupakan salah satu substansi visi TNI dalam pembangunan dan pengembangan kapasitas TNI, sebagaimana yang diamanatkan undang-undang, dalam rangka menjamin keberlangsungan pelaksanaan pembangunan nasional. TNI sebagai patriot sejati dan pembangunan dan pengembangan profesionalisme TNI, merupakan realisasi renstra 2010-2014, akan ditampilkan pada HUT TNI ke-69 tahun 2014, dengan harapan dapat menjadi kebanggaan dan membangkitkan kecintaan rakyat kepada TNI, serta memberikan kepercayaan atas kekuatan sendiri bangsa Indonesia dalam melanjutkan pembangunan nasional.

Kebanggaan, Kecintaan dan Kepercayaan atas kekuatan sendiri harus terus kita kembangkan, karena kesemua itu menjadi akumulasi kekuatan, guna menghadapi tantangan globalisasi yang berkembang dinamis di semua sisi kehidupan. Dalam kaitan tersebut, TNI senantiasa membangun mekanisme kerja dan hubungan kelembagaan dengan segenap komponen bangsa, dalam rangka meningkatkan ketahanan masyarakat dan ketahanan nasional. Setiap prajurit dan PNS TNI dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI, sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional.

Pada kesempatan memperingati hari jadi TNI ke-69 tahun 2014, selaku pimpinan TNI, saya mengajak kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dapat memaknai usia TNI ke-69 ini, dengan tekad dan janji, untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian masa-masa yang akan datang. Saya ucapkan “Selamat Ulang Tahun” dan “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia” yang kita cintai dan banggakan bersama.

Upacara HUT TNI Ke-69 juga diwarnai dengan menampilkan berbagai atraksi yaitu atraksi Yong Moodo oleh prajurit pria dan wanita angkatan darat (Kowad) Kodam IM, Penembakan ke udara meriam Kaliber 105 Mm/Howitzer Yon Armed 17/105 Tarik Kodam IM serta persembahan Defile Pasukan dengan Komandan Defile Letkol Czi Ubaidillah yang keseharianya bertugas sebagai Danyon Zipur 16/DA, berturut-turut Defile lambang-lambang Kesatuan dari tiga Angkatan yaitu Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, dilanjutkan Batalyon Pamen, Pama dan Korp Wanita TNI dengan Komandan SSY Mayor Arh Hermawansyah (Akmil 1999), Batalyon Infanteri 112/R dengan Komandan SSY Mayor Inf Sutan P.Siregar (Wadanyonif 112/R Akmil 2002), Batalyon Kavaleri 11/Serbu dengan Komandan SSY Mayor Kav Eko Julianto Ramadhan (Wadanyonkav 11/Serbu Akmil 2002), Batalyon Zeni Tempur 16/DA dengan Komandan SSY Mayor Czi Tambo Hule Wulea (Wadanyon Zipur 16/DA Akmil 2000), Pasukan Paskhas, TNI AL, TNI AU, Pasukan PNS Kodam IM, serta pasukan Penembak Runduk Kodam, dilanjutkan dengan Defile Kendaraan Pengawal dari POM TNI AD, AL, AU, Kendaraan Babinsa Kodim jajaran Kodam IM, Kendaraan Trill Kiwal Denmadam dan Trill Yonif 112/R, Sea Raider, Tank Canon dan panser Anoa 2, Kendaraan penarik Meriam 105 Mm/Howitzer Yon Armed 17/105 Tarik, kendaraan Jihandak, Kendaraan Komunikasi, Kendaraan Harpal, Kendaraan MCP TNI AU, Truk Kamas Paldam IM dan kendaraan Ambulan.

Hadir dalam acara Peringatan HUT tersebut Wakapolda Aceh, Kejati Aceh, Ketua DPRA, Kabinda Aceh, Walikota Banda Aceh, Para Rektor, Para Pejabat Utama Kodam, Danlanud SIM, Danlanal Sabang, Sekda Aceh, Persit Kartika Chandra Kirana PD IM, Jalasenastri dan Pia Ardya Garini, Para sesepuh dan senior Keluarga Besar TNI, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, dan para Warakwuri.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam IM Pimpin Upacara HUT ke-69 TNI