TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kasdam IM Serahkan Hewan Kurban

By 06 Oct 2014 05:23Kodam Iskandar Muda
IMG_1751oka

Banda Aceh. Kodam Iskandar Muda menyelanggarakan Sholat Idul Adha 1435 H/2014 bersama keluarga besar Kodam IM dan warga masyarakat di lapangan Tenis Indoor Jasdam IM  Neusu Jaya – Baiturahman, Minggu (05/10).

Pagi hari ini hujan mengguyur Banda Aceh, namun tidak menyurutkan para prajurit, PNS dan keluarga serta warga maysrakat untuk berbondong-bondong datang melaksanakan sholat Idul Adha serta menyerukan gema takbir bersama keluarga besar Kodam IM yang dilaksanakn di lapangan Tennis Indoor Jasdam dengan penuh suasana hikmat dan lancer. Bertindak sebagai Imam yaitu ustad Muhammad Ihsan, S.PDI dan khatib Prof.DR.H. Gunawan Adnan, MA.PHD. Tema Idul Adha 1435 H tahun 2014 adalah “Dengan Hikmah Idul Adha, Kita Mantapkan Kebersamaan Prajurit TNI Dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”.

Dalam kutbahnya Prof.DR.H. Gunawan Adnan, MA.PHD. menyampaikan, sesungguhnya banyak sekali nilai hikmah dan nilai rohani yang dapat kita petik dari ajaran dan pelaksanaan Qurban ini. Oleh sebab itu tugas kita untuk mencontoh dan mengambil teladan dari sikap Nabi Ibrahim dalam mewujudkan dan mempertahankan keyakinan kepada Allah SWT, Nabi Ibrahim As sebagai seorang ayah, harus dijadikan contoh bagi ayah-ayah masa kini. Ia amat mencintai anak dan istrinya, tetapi cintanya terhadap Allah diatas segala-galanya. Karena itu ia rela mengorbankan apa saja, bahkan mengorbankan putranya sendiiri sekalipun yang sekian lama ia nanti-nantikan demi memenuhi panggilan Allah.

Khatib juga mengajak kepada para jamaah untuk senantiasa berkorban dengan kerelaan dan keiklasan hati yang tulus dengan niat hanya untuk beribadah dan menghap ridho dari Allah SWT semata, bukan karena ingin dipuji atau pamer kepada orang lain. Dengan momen Idul Adha ini mari kita eratkan kebersamaan prajurit dengan rakyat, menjaga hubungan antara para Komandan dengan bawahan dan atara prajurit dengan mayarakat.

Seusai melaksanakan Sholat Idul Adha, Kasdam IM Brigjen TNI Purwadi Mukson, S.I.P mewakili Pangdam IM dan atas nama pimpinan Kodam mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1435 H mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh prajurit, PNS dan keluarga besar Kodam IM serta kepada Masyarakat.

Dalam sambutanya yang di bacakan oleh Kasdam IM, Pangdam berharap melalui penyerahan hewan qurban ini, dapat menjadi wahana yang dapat menggugah hati sanubari kita sekalian untuk rela berkorban dengan hati yang tulus dan ikhlas, saling mengasihi, saling membantu dan tolong menolong antara satu dengan lainnya. Di hari raya Idul Adha ini dianjurkan bagi umat islam yang telah mempunyai kesanggupan untuk menyembelih hewan qurban, hendaknya dilaksanakan tanpa ragu-ragu, tulus dan ikhlas sebagai sarana untuk membersihkan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Lebih lanjut, penyembelihan hewan qurban di samping menunaikan suatu perintah dalam syariat agama islam, juga memberikan pesan moral yang baik kepada golongan fakir miskin. Hal tersebut merupakan salah satu upaya menghilangkan jurang pemisah antara si kaya dan si miskin terutama dihari yang berbahagia ini, sehingga pada akhirnya kedua golongan ini akan hidup ber-dampingan, saling tolong menolong dalam kehidupan bermasyarakat dengan penuh kedamaian dan nuansa persaudaraan yang tinggi.

Selanjutnya Kasdam IM menyerahkan secara simbolis satu (1) ekor sapi kurban kepada Kabintaldam Letkol Caj Drs. Ahmad Husein, S. M.A. Panitia Qurban Kodam IM telah menerima hewan kurban 7 ekor sapi dan 9 ekor kambing, hasil Qurban ini akan disalurkan para prajurit, PNS Kodam dan keluarganya serta akan dibagikan kepada kaum duafa, fakir miskin, orang-orang yang kurang mampu dan berhak disekitar Makodam IM.

Turut hadir pada acara tersebut Irdam, para Pa Ahli, para Asisten, para Kabalakdam, para prajurit, PNS Kodam serta keluarga dan warga masyarakat sekitar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kasdam IM Serahkan Hewan Kurban