TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KASREM 131 MEMBUKA PROGRAM KEPENDUDUKAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBAGUNAN KELUARGA

By 29 Oct 2014 18:18Kodam VII/Wirabuana
IMG_0866

Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Toto Jumariono membuka pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan pembangunan Keluarga (KKBPK) bertempat di Kantor BKKBN, Manado, Rabu (20-22/10).

Kasrem 131 dalam sambutannya mengatakan, “Dengan memahami Program KKB PK secara baik, diharapkan para Babinsa nantinya dapat menjadi pelopor pem-bangunan keluarga di lingkungan ma-syarakat di tempat tugasnya masing-masing, sehingga pada akhirnya dapat membantu pengendalian jumlah penduduk secara nasional khususnya di wilayah Sulawesi Utara, mengurangi angka kema-tian ibu melahirkan, meningkatkan kese-hatan ibu dan anak serta meningkatkan kesejahteraan keluarga secara keseluruhan”.

Lebih lanjut dikatakan Kasrem, “Hal tersebut sejalan dengan komitmen TNI untuk turut serta mengembangkan program KB di seluruh pelosok nusantara, terutama untuk mengantisi-pasi adanya pertambahan jumlah penduduk yang besar namun tidak dibarengi oleh kualitas yang sepadan, sehingga dapat berpotensi menjadi ancaman tersendiri di masa depan”.Ulasnya.

Babinsa Diajak Berpartisipasi pada KKBPK oleh BBKKBN Sulut dalam pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan pembagunan Keluarga (KKBPK) di daerah ini, di akui Kepala Drs Humphrey Apon Map, sangat membutukan dukungan dari mitra kerja . Salah satunya TNI AD , hal ini Bintara Pembina Desa (Babinsa), yang memiliki kedekatan dengan masyarakat. Kementrian BKKBN dengan berbagai pihak terus di galang), sebanyak 60 Babinsa dari kabupaten/kota di sulut, mengikuti orientasi program KKBPK. BKKBN sendiri kaki dan tangannya tidak cukup panjang dan lebar untuk menjangkau semua wilayah. Keterbatasan ini disikapi BKKBN dengan membentuk kemitraan, seperti melalui para Babinsa. Ujar Apon beberapa narasumber pada orientasi itu seperti Inspertur Utama BKKBN RI Mieke Sangian yang memaparkan panjang lebar tentang program KKBPK. Selain Itu, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Toto Jumariono turut memberikan materi. Sementra itu, Kepala Bidang Latbang BKKBN Sulut, Drs Albert Baginda menambakan, tujuan orientasi itu untuk meningkatkan pemahaman para Babinsa tentang program KKBPK, terutama tehnik penggerakan masyarakat penerpan delapan fungsi keluarga serta tribina, BKB, BKR dan BKL secara umum kepada masyarakat dan di kalangan koramil/keluarga khususnya, serta masyarakat yang di wilayah kerjanya. Selanjutnya untuk memantapkan orientasi tersebut, para Babinsa Rabu(22/10) akan melaksanakan praktek lapangan di Koramil Pineleng dan Tuminting sebagai tindak lanjut dari materi teori yang telah diterima.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KASREM 131 MEMBUKA PROGRAM KEPENDUDUKAN KELUARGA BERENCANA DAN PEMBAGUNAN KELUARGA