TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KELUARGA BESAR KODAM XVI/PATTIMURA MERAYAKAN HARI RAYA IDUL ADHA 1435 H

By 06 Oct 2014 05:20Kodam XII/Tanjungpura
Idul Adha 2014 b

 (05/10)Ambon Pangdam XVI/Pattimuara Mayjen TNI Meris Wiryadi melaksanakan Sholat Ied bersama dengan seluruh keluarga besar Kodam XVI/Pattimura dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1435 H bertempat di halaman Makodam pagi ini.

Meskipun sebelumnya kota Ambon diguyur hujan pelaksanaan Shalat Ied Hari Raya Idul Adha 1435 H tetap dilaksanakan dengan khusyuk oleh prajurit Kodam XVI/Pattimura bersama keluarganya. Dengan tema “Dengan Hikmah Idul Adha Kita Mantapkan Kebersamaan Prajurit TNI dengan Rakyat Guna memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa”. Bertindak selaku Imam sholat Ied oleh sertu H. Ma’ruf dan sebagai khotib Mayor Inf Zulfikar S.Ag Hari Raya Idul Adha mempunyai arti dan makna yang sangat dalam bagi kehidupan umat Islam di seluruh dunia. Di hari yang agung ini, semua umat Islam mengumandangkan Takbir, Tahmid, Tahlil dan Tasbih untuk membesarkan atau mangagungkan Nama Allah SWT. Perayaan Idul Adha merupakan perayaan terhadap gerakan sejarah patriotik Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, yang harus dapat dijadikan sebagai renungan bagi kita semua. Peristiwa 2 (dua) Nabiyullah, Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS ini merupakan peristiwa “Qurban” (peristiwa pendekatan)kepada Allah SWT melalui kepatuhan melaksanakan perintah Allah SWT tanpa ragu sedikitpun, yang terjadi pada abad XVIII sebelum Masehi.

Lebih lanjut dalam khutbahnya makna Idul Adha adalah contoh suri tauladan yang bernilai ibadah oleh Nabi Ibrahim A.S dan Siti Hajar. Dengan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT Nabi Ibrahim A.S telah melaksanakan perintahnya untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail A.S. Tetapi dengan kekuasaan Allah SWT maka digantilah dengan domba, oleh sebab itu bagi yang mampu diwajibkan baginya untuk melaksanakan qurban di bulan Dzulhijah ini berupa kambing dan sapi, bagi yang belum mampu mulai dari sekarang belajarlah berqurban dengan cara bersedekah.”jelasnya”.

Selesai kegiatan sholat Ied dilanjutkan pemotongan hewan korban berupa 20 Ekor Sapi dan 9 ekor kambing, selanjutnya daging korban tersebut dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Acara Perayaan Hari Raya Idul Adha ini diikuti oleh seluruh Pejabat Kodam XVI/Pattimura beserta Prajurit dan PNS serta masyarakat sekitar.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KELUARGA BESAR KODAM XVI/PATTIMURA MERAYAKAN HARI RAYA IDUL ADHA 1435 H