TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM I/BB GELAR LATIHAN TERPADU PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

By 14 Oct 2014 07:00Kodam I/Bukit Barisan
latihan 1

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si yang diwakili Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri buka  Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam Kodam I/BB TA 2014 di Ruang Manunggal LT V Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Senin (13/10).

Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si yang dibacakan  Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri mengatakan tugas pokok TNI sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa Indonesia. Salah satu dari tugas tersebut adalah melaksanakan bantuan kepada pemerintah daerah setempat dalam menanggulangi akibat bencana alam di daerah. Dalam rangka memenuhi tuntutan tugas tersebut di atas, maka diselenggarakan latihan terpadu penanggulangan bencana alam Kodam I/BB agar memiliki kemampuan dan keterampilan serta kecepatan bergerak yang tinggi untuk membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan penanggulangan akibat bencana alam gunung meletus secara berhasil dan berdaya guna. Latihan terpadu yang akan dilaksanakan ini harus dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh para peserta latihan, agar dapat mencapai hasil optimal yang sangat berguna dalam rangka mendukung tugas perbantuan kepada pemerintah daerah. Sesuai dengan tema latihan terpadu penanggulangan bencana kali ini, yaitu “Satuan TNI Wilayah Kodam I/Bukit Barisan Membantu Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara Dalam Melaksanakan Penanggulangan Akibat Bencana Alam Gunung Meletus Dalam Rangka Operasi Militer Selain Perang”.

Lebih lanjut Kasdam I/BB mengatakan kepada penyelenggara beserta pendukung yang akan melaksanakan latihan terpadu penanggulangan bencana alam ini, agar para peserta latihan untuk dilatih dengan baik dan benar sehingga diperoleh kesigapan dan kesiapan para prajurit dan seluruh komponen yang terkait secara profesional. Sebelum mengakhiri amanatnya, ada beberapa penekanan untuk dipedomani selama pelaksanaan pelatihan. Kepada penyelenggara latihan : Tumbuhkan semangat dan motivasi peserta pelatihan, sehingga pada pelaksanaan aplikasi dapat dilaksanakan dengan benar untuk mencapai hasil yang optimal, agar berperan secara proporsional dan profesional, sehingga seluruh rangkaian materi dapat berlangsung dengan tertib dan lancar, laksanakan pengawasan dan koreksi dengan baik, sehingga hasil penataran mencapai sasaran dan tepat waktu.
Selanjutnya kepada pelaku latihan : Manfaatkan pelatihan ini sebagai wahana untuk meningkatkan kemampuan olah keprajuritan dalam penanggulangan bencana alam  dan mampu mengaplikasikannya,    ikuti semua petunjuk penyelenggara agar pencapaian sasaran pelatihan dapat tercapai sesuai yang diharapkan, hindari terjadinya pelanggaran dan perhatikan faktor keamanan baik personel, materiil maupun kegiatan selama latihan.

Hadir dalam acara tersebut Danlanud Soewondo, Irdam I/BB, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Staf Ahli Pangdam I/BB, Pa Lo AL dan Lo AU, Para Kabalakdam I/BB, Dandim 0201/BS, Para Danyon BS Wilayah Medan, Kadis Pertanian Kab.Karo dan Kabarnas Provsu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODAM I/BB GELAR LATIHAN TERPADU PENANGGULANGAN BENCANA ALAM