TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM II/SWJ DENGAN BP DAS MUSI SUMSEL MOU REHABILITASI HUTAN

By 23 Oct 2014 15:57Kodam II/Sriwijaya
edit

Para Pejabat Balai Pengolaan Daerah Aliran Sungai Musi Sumsel yang dipimpin Ir. Sigit Wibowo (Kadis Kehutanan Provinsi Sumsel), didampingi Ir. Alrasyid, M.Si (Kepala BP DAS Musi), Ir. M. Arief Toengkagie (Kepala Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat), Nunu Anugrah, S.Hut, M.Sc (Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumsel), Ir. Agus Wahyudiono (Kepala Balai Pembenihan Hutan Sumatera), Ir. Choirul Akhmad, ME (Kepala Balai Penelitian Kehutanan Plg), Ir. Agus Setyadi (Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan Wil II), Ir. Sahiman (Kepala Balai Taman Nasional Sembilan) beserta 10 orang staf BP DAS Musi, melakukan kunjungan silahturahmi ke Kodam II/Swj, Rabu (22/10/2014) bertempat di Ruang Gatot Subroto Makodam II/Swj.

Rombongan diterima Pangdam II/Swj Mayjen TNI Bambang Budi Waluyo yang didampingi Kasdam II/Swj Brigjen TNI Toto S Moerasad, S.Ip., M.M., Asrendam II/Swj, Asintel Kasdam II/Swj, Asops Kasdam II/Swj, Para Kabalakdam II/Swj, Waaster Kasdam II/Swj, Dandim 0401/Muba, Dandim 0403/OKU, Dandim 0405/Lahat, Dandim 0406/Mura dan Kasiter Rem 044/Gapo. Pangdam juga menyambut baik kerjasama yang telah dilaksanakan serta penandatanganan MuO antara BPDAS MUSI, BKSDA Sumsel, BBTNKS dengan Korem 044/Gapo yang dilaksanakan di 4 Kodim yaitu, Kodim 0401/Muba, Kodim 0403/OKU, Kodim 0405/Lahat dan Kodim 0406/Mura dengan kegiatan pembuatan tanaman seluas 400 Ha.

Pada kesempatan tersebut, Ir. Sigit Wibowo selaku pimpinan rombongan menjelaskan bahwa tujuan silaturahmi selain memohon arahan-arahan dan dukungan dari Pangdam II/Swj terkait rehabilitasi hutan di kawasan konservasi dan perlindungan hutan di Provinsi Sumsel, juga menjelaskan tentang pekerjaan-pekerjaan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011 dan sekaligus membahas tentang rehabilitasi hutan di kawasan konservasi kerjasama dengan TNI, sesuai dengan nota kesepakatan antara Kementerian Kehutanan dengan TNI No.NK.06/Menhut-V/2011 dan No. Kerma/7/III/2011 tanggal 24 Maret 2011 yang berakhir pada tahun 2014.

Sementara itu, Kepala Balai Pengelolaan DAS Musi Ir. Al Rasyid, M.SI dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut kesepakatan yang lalu, yakni perjanjian kerjasama yang telah dilaksanakan antara Panglima TNI dan Menteri Kehutanan. Dengan demikian, di tingkat daerah perlu adanya kesepakatan kerjasama antara Balai Pengolaan Daerah Aliran Sungai Musi, Balai Konservasi Sumberdaya Alam Sumsel, Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat dengan Korem 044/Gapo yang bersifat teknis operasional dan ditandatangani di Makodam II/Swj.

Pangdam II/Swj, pada kesempatan penandatanganan MoU antara BP DAS Sumsel dengan Kodam II/Swj, berharap agar rehabilitasi hutan dikawasan konservasi ini akan berjalan lancar. ”Kerja sama dan keterpaduan yang kita laksanakan ini dapat terus ditingkatkan, sehingga dapat memberikan kontribusi dan sekaligus memotivasi komponen bangsa lainnya dalam menjaga kelestarian kawasan hutan berikut hasil rehabilitasi di kawasan hutan konservasi”, tandasnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODAM II/SWJ DENGAN BP DAS MUSI SUMSEL MOU REHABILITASI HUTAN