TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM VI/MULAWARMAN BERGERAK MEMBANTU MENGATASI KESULITAN WARGA LONG APARI (PERBATASAN)

By 24 Oct 2014 19:47Kodam VI/Mulawarman
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Langkanya kebutuhan bahan pokok terutama sembako dan BBM membuat resah para petinggi kampung maupun tokoh adat Long Apari dalam kerawanan pangan. Jika hujan tidak turun akhir bulan ataupun awal bulan depan bencana kelaparan menghantui masyarakat di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia Kecamatan Long Apari.

Isu yang berkembang dimedia massa bahwa mereka (warga Long Apari) mengancam apabila tidak mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah akan bergabung menyebrang ke negara tetangga Malaysia.

Menyikapi hal tersebut di atas, Kodam VI/Mulawarman melalui Danrem 091/Asn, Asintel, Aster Kasdam VI/Mlw, Dandim serta unsur Polda Kaltim dan Pemda terbang dengan Helly turun kelapangan langsung bertatap muka dengan masyarakat Long Apari untuk mencari data dan permasalahan yang terjadi.

Data yang ditemukan di Long Apari telah terjadi kelangkaan persediaan sembako dan BBM sehingga terjadi lonjakan kenaikan harga kebutuhan bahan pokok dan BBM. Beras 25 Kg kini harganya 500 Ribu Rupiah hingga 600 Ribu Rupiah, sedangkan BBM kini harganya berkisar 30 Ribu Rupiah hingga 40 Ribu Rupiah perliter.

Disamping itu masyarakat juga mengeluhkan kondisi di wilayah Long Apari saat ini sangat membutuhkan akses jalan tembus Long Bagun – Long Apari (Tiong Ahang), sarana dan prasarana pendidikan, kesehatan, penerangan listrik serta komunikasi dan informasi. Jadi tidak benar isu yang menyatakan masyarakat Long Apari ingin memisahkan dari NKRI.

Menyingkapi hal tersebut Pangdam VI/Mlw telah memerintahkan stafnya dan satuannya untuk melakukan langkah nyata membantu mengatasi kesulitan masyarakat Long Apari dengan mengadakan kegiatan pasar murah yang rencananya akan di gelar pada tanggal 31 Oktober 2014 di Long Apari dan akan merencanakan kegiatan Karya Bhakti serta TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang sasaran kegiatannya diarahkan untuk mempercepat pembangunan insfrastruktur di wilayah perbatasan khususnya di Kecamatan Long Apari.
(Penerangan Kodam VI/Mlw)

KODAM VI/MULAWARMAN BERGERAK MEMBANTU MENGATASI KESULITAN WARGA LONG APARI (PERBATASAN)