TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Kodam XVII/Cenderawasih Peringati Tahun Baru Islam 1436 Hijriyah

By 30 Oct 2014 21:16Kodam XVII/Cenderawasih
_MG_9705

Asisten Personel (Aspers) Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Zunan Muchdlori, S.IP memimpin acara kegiatan Peringatan Tahun Baru Islam 1436 Hijriyah tepatnya di Masjid Al-Fajr Makodam XVII/Cenderawasih, Rabu (29/10).

Dalam sambutan Pangdam XVII/Cenderawasih yang dibacakan oleh Aspers Kodam XVII/Cenderawasih bahwa 1 Muharam adalah awal penanggalan umat Islam, ketika Rasulullah Muhammad SAW. bersama para sahabat melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah untuk melanjutkan dakwah dan mensyiarkan agama Islam. Mereka rela meninggalkan segala yang dimilikinya demi menegakan yang hak dan meninggalkan yang bathil guna mewujudkan cita-cita membentuk masyarakat yang sesuai dengan kaidah ajaran islam serta momen ini sangat penting bagi umat Islam, karena kita diingatkan kembali pada suatu semangat dan makna serta keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, 1 Muharam juga dapat dijadikan sebagai media introspeksi diri dan memohon ampunan atas kesalahan dan kekhilafan yang telah diperbuat pada tahun lalu, sekaligus memohon hikmat, kebijaksanaan, ma’rifat dari Allah SWT, agar senantiasa diberi kekuatan dan keteguhan hati dalam memberikan pengabdian yang terbaik kepada bangsa dan negara karena hal ini sesuai dengan tema peringatan 1 Muharam 1436 Hijriyah kali ini yaitu “Melalui Hikmah Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1436 H / 2014 M, Kita Mantapkan Keimanan dan Ketakwaan Prajurit TNI Sebagai Landasan Moral dalam Pengabdian Kepada Bangsa Dan Negara”

Adapun makna yang terkandung dalam tema tersebut sangat tepat dalam melaksanakan visi dan misi Kodam XVII/Cenderawasih bersama rakyat TNI kuat sehingga diharapkan mampu menggugah perilaku prajurit yang sesuai dengan tuntunan dan ajaran Rosulullah SAW, agar sekalian selamat di dunia dan akhirat.

Pada tempat yang sama Dosen STAIN Alfatah Jayapura Bapak H. Baitur Rohman Al-Gifhari, S.H.,M.Hum yang bertindak sebagai penceramah menyampaikan bahwa sebagai prajurit yang beragama agar senantiasa selalu dapat memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT, oleh karenanya agar kita dapat berhijrah dari kemaksiatan menuju ketaatan, berhijrah dari ke kufuron menuju ke keimanan serta gunakanlah umur yang telah diberikan Allah SWT dengan sebaik-baiknya dan selalu memanjatkan puji dan syukur kepada-NYA.

Di akhir ceramahnya, H. Baitur Rohman Al-Gifhari, S.H.,M.Hum. juga mengatakan bahwa kita sebagai genarasi muda harus dapat menjaga perbuatan dengan etika kita, memperbanyak ilmu, mempunyai ahlak dan mempunyai iman yang kuat maka itulah pertanda kejayaan umat, kejayaan bangsa dan negara serta kita sebagai prajurit yang akan diridhoi oleh Allah SWT. dan semoga siraman rohani ini dapat bermanfaat bagi kita semua, baik dalam kehidupan pribadi maupun pelaksanaan tugas di satuan.

Acara tersebut dihadiri oleh para Perwira, Bintara, Tamtama dan Pegawai Negeri Sipil Kodam XVII/Cenderawasih. (Prd/Cen)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Kodam XVII/Cenderawasih Peringati Tahun Baru Islam 1436 Hijriyah