TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODAM XVI/PATTIMURA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

By 29 Oct 2014 20:22Kodam XVI/Patimura
Peringatan Sumpah Pemuda 1

(28/10)Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-86 Kodam XVI/Pattimura menggelar Upacara yang diikuti seluruh Pejabat, Prajurit dan PNS jajaran Kodam XVI/Pattimura. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Meris Wiryadi S.Ip. Kegiatan dilaksanakan di Halaman Makodam XVI/Pattimura.

Dalam kesempatan tersebut Pangdam membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga yang isinya menyatakan peringatan Hari Sumpah Pemuda mempunyai nilai strategis kerena dilaksanakan setelah bangsa Indonesia melampaui dua peristiwa penting yakni Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden. Kedua peristiwa tersebut telah menguji semangat persatuan dan kesatuan kita. Berbagai tantangan dan rorongan terus dialami oleh bangsa kita yang dapat mengancam semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Namun patut disyukuri bahwa hal itu dapat kita lampaui dengan selamat dan tetap mampu menjujung tinggi semangat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Di-samping itu tahun 2014 telah dica-nangkan sebagai Tahun Kebangkitan Pemuda sekaligus dalam me-nyongsong Masyarakat Ekonomi Asean Tahun 2015 yang memerlukan semangat persatuan untuk men-jadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kuat, maju dan hebat. Sangatlah tepat jika pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-86 tahun ini mengusung Tema ” Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan ”.

Nilai-nilai kesatuan merupakan warisan dari Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan oleh para pemuda Indonesia dalam peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Para pemuda bersumpah untuk Bertum-pah Darah Yang Satu Tanah Indone-sia, Berbangsa Yang Satu Bangsa Indonesia dan Menjujung Bahasa Persatuan Bahasa Indonesia.

Kita sangat berharap agar nilai dan semangat Sumpah Pemuda terus terpatri di dalam hati sanubari segenap bangsa Indonesia khusus-nya para pemuda dan mampu mewujudkan dalam perilaku nyata yang menjujung tinggi semangat keber-samaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan sebagaimana yang dicita-citakan oleh para pahlawan dan pelaku sejarah yang berjuang untuk mewujudkan sebuah negara besar dan hebat yakni Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi suatu yang amat penting bagi kita untuk dapat menangkap dan menyalami semangat dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu peristiwa Sumpah Pemuda harus menjadi kewajiban bagi kita untuk diperingati setiap tahun guna membangun semangat persatuan dan kesatuan di tengah-tengah kehidupan masyarakat dan bangsa kita. Saya berharap segenap masyarakat Indonesia khususnya para pemuda dapat melaksanakan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-86 secara bersungguh-sungguh dengan penuh khidmat bersahaja namun memberikan dampak yang luas bagi terbangunnya rasa persaudaran, ke-bersamaan, persatuan dan kesatuan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODAM XVI/PATTIMURA MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA