TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KODIM 0904/TNG MELAKSANAKAN BAKTI SOSIAL SUNATAN MASAL

By 27 Oct 2014 16:55Kodam VI/Mulawarman
20141027e

(Batu Sopang), Pada tanggal 23 Oktober 2014, dalam rangka memperingati HUT TNI ke 69 Kodim 0904/Tng melakukan kegiatan sunatan masal yang digelar di Koramil 0904-08 Batu Sopang.

Hal tersebut merupakan rangkaian acara peringatan HUT TNI bekerjasama dengan Klinik Medical Center yang berada di Batu Sopang, PT Kideco Jaya Agung, PT Petrosea dan PT Bima yang kesemuanya bergerak dalam bidang pertambangan batu bara yang berada di Wilayah Kec. Batu Sopang.

Sunatan masal kali ini menggunakan metode Electric cauter dengan jumlah pasien 40 anak, yang berasal dari daerah sekitar yang berstatus pelajar SD dengan melibatkan Dokter Amirulloh selaku pimpinan para medis dan juga selaku kepala klinik Medical Center

Melalui sunat, seorang anak sejak dini diajarkan mengenai pentingnya kesehatan dan kebersihan badan, terutama alat kelaminnya. Bagi laki-laki, sunat berfungsi untuk mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah, khususnya yang berkaitan dengan kotoran air kencing.
Dari sudut pandang medis, seperti yang diungkapkan para ahli kedokteran, sunat mempunyai faedah bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan bau yang tidak sedap. Air kencing mengandung semua unsur tersebut. Ketika air seni keluar melewati kulit yang menutupi alat kelamin, endapan kotoran yang biasa disebut smegma ini sebagian tertahan oleh kulit tersebut. Semakin lama, endapan tersebut akan semakin banyak.

Disela kegiatan tersebut Komandan Kodim 0904/Tng Letkol Arm W. Rimoko Ardani, S.Sos melalui Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf Nuryono menyampaikan dengan terselenggaranya acara ini merupakan salah satu wujud implementasi peran TNI secara nyata atas kepedulian, serta pembuktian bahwa TNI tidak dapat dipisahkan dari rakyat semakin dekat dan dicintai rakyat.

Di akhir acara setiap anak yang disunat langsung diberikan bingkisan yang telah disediakan oleh penyelenggara. Bingkisan tersebut diharapkan dapat mengurangi rasa sakit dan sebagai hiburan bagi yang disunat. (Kodim 0904/Tng)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KODIM 0904/TNG MELAKSANAKAN BAKTI SOSIAL SUNATAN MASAL