TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KONTINGEN GARUDA 2014 MELAKSANAKAN PERAYAAN HARI RAYA IDUL ADHA DI SUDIRMAN CAMP

By 09 Oct 2014 01:04Pasukan Garuda
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Sabtu pagi, 4 Oktober 2014 pukul 07.00 bertempat di Masjid Rub Hall – Sudirman Camp Naqoura Lebanon, Prajurit TNI yang sedang melaksanakan tugas dalam misi perdamaian UNIFIL 2013-2014 yang terdiri dari satgas FHQSU (Force Head Quarter Support Unit) – FPC (Force Protection Company) – MCOU (Military Community Outreach Unit) – CIMIC (Civil Military Coordination) dan INDOMEDIC Level II (Indonesian Medical) merayakan hari raya Idul Adha 10 Djulhijjah 1435 H. Kegiatan diawali dengan pembacaan takbir dan tahmid pada sepanjang malam hingga pagi hari, dilanjutkan Sholat Idul Adha berjamaah dan pemotongan hewan qurban.

Pada kegiatan Idul Adha ini terlihat wajah-wajah para prajurit Garuda bersemangat, bergembira sebagaimana layaknya di tanah air. Walaupun sedikit keharuan tetap terlintas karena berada jauh dari keluarga serta suasana kampung halaman. Namun demikian, seluruh personel Kontingen Garuda dengan semboyan “Make Peace Nothing Else” tetap tegar dan bangga karena terpilih dan dapat menjadi bagian dari upaya menjaga perdamaian dunia, khususnya di wilayah Lebanon Selatan.

Bertindak sebagai Khatib/penceramah pada Sholat Idul Adha kali ini adalah Komandan Kontingen Garuda 2013-2014 Kolonel Inf Achmad Adipatikarnawijaya, P.SCJ, M.M. dan bertindak sebagai Imam adalah Lettu Cku Rudy Setiawan. Dalam ceramahnya Kolonel Inf Achmad Adipatikarnawijaya, P.SCJ, M.M. menyampaikan bahwa, Hakikat dari Qurban yang sebenarnya adalah seberapa cinta kita kepada Allah SWT jika dihadapkan dengan segala yang kita miliki untuk diserahkan kembali kepada pemilik sebenarnya yaitu Allah SWT, seperti yang telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar.

Selesai kegiatan sholat Ied dilanjutkan dengan halal bihalal dan ramah tamah, dimana personel dapur satgas FPC telah menyiapkan hidangan berupa opor dan lontong sebagai pengobat rasa kangen suasana di tanah air. Tidak ketinggalan pula, turut bergabung dalam rangkaian kegiatan Idul Adha ini, personel Peace Keeper muslim dari Negara lain yaitu dari Tanzania, Fiji, Ghana, Malaysia, Sierra-leone, Qatar, Turki, Prancis dan German. Keberadaan Indonesia di HQ UNIFIL menjadikan Indonesia sebagai penjuru bagi kegiatan keagamaan Islam bagi peace keeper dari Negara lainnya.

Dalam kesempatan Idul Adha kali ini, terkumpul hewan Qurban Kontingen Garuda UNIFIL di HQ Naqoura sebanyak 23 ekor kambing, yang secara simbolis diserahkan oleh Komandan Kontingen Kolonel Inf Achmad Adipatikarnawijaya, P.SCJ, M.M. kepada panitia Qurban untuk disembelih. Daging Qurban selanjutnya dibagikan kepada masyarakat kaum dhuafa disekitar HQ UNIFIL.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KONTINGEN GARUDA 2014 MELAKSANAKAN PERAYAAN HARI RAYA IDUL ADHA DI SUDIRMAN CAMP