TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

KOREM 044/GAPO APEL SIAGA PENGAMANAN PELANTIKAN PRESIDEN DAN WAPRES RI TERPILIH

By 18 Oct 2014 06:44Kodam II/Sriwijaya
SI1

Kepala Staf Korem 044/Gapo Letkol Inf Imanulhak mewakili Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Suko Basuki selaku pimpinan apel siaga pengamanan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia  Terpilih di wilayah Korem 044/Gapo yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 17 Oktober 2014 pukul 08.00 Wib bertempat dilapangan apel Makorem 044/Gapo dan secara serentak juga dilaksanakan di seluruh satuan jajaran Korem 044/Gapo.

Dalam siaga pengamanan ini Korem 044/Gapo menyiagakan seluruh personelnya yang tersebar di satuan kewilayahan Kodim dan Koramil serta satuan pemukul Yonif 141/AYJP yang siap digerakan diseluruh wilayah Provinsi Sumsel dengan tetap melaksanakan pemantauan wilayah sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya yang selalu siap pula untuk digerakan bila dibutuhkan, sedangkan perkuatan yang diterima oleh Korem 044/Gapo terdiri dari Satuan Tempur dan Bantuan Tempur yang siap dioperasionalkan ke seluruh wilayah Korem 044/Gapo, masing-masing satuan tersebut dengan kekuatan 1 SKK dari Yonif 200/Raider dan 1 SKK Yon Kav-5/Serbu beserta perlengkapannya baik persenjataan maupun kendaraan taktis yang dimiliki satuan tersebut. Kesiapsiagaan satuan dilaksanakan sebelum, selama dan setelah kegiatan pelantikan serta pengambilan sumpah dan janji Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih. Walaupun wilayah Sumsel jauh dari Ibu Kota Jakarta namun kesiapsiagaan satuan jajaran Korem 044/Gapo harus tetap siaga dalam rangka mengantisipasi perkembangan situasi sekaligus sebagai perkuatan kepada Polda Sumsel bila dibutuhkan dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Sumsel.

Dalam apel siaga pengamanan tersebut Kasrem 044/Gapo membacakan amanat Danrem 044/Gapo yang antara lain menyampaikan maksud dan tujuan diadakan apel siaga pengamanan ini adalah untuk mengecek kesiapsiagaan personel dan materiil satuan jajaran Korem 044/Gapo dan perkuatannya dalam  rangka  menyukseskan  alih Kepemimpinan nasional agar berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

Masing-masing satuan agar meningkatkan kesiapsiagaan di seluruh wilayah Korem 044/Gapo dan selalu melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait jelang pelantikan serta pengambilan sumpah dan janji Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih yang akan digelar Senin tanggal 20 Oktober 2014 mendatang.

Kepada seluruh elemen masyarakat agar selalu menjaga ketertiban menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) pada 20 Oktober 2014 mendatang dan kepada masyarakat yang ingin lakukan  kegiatan  syukuran  pesta agar tidak berlebihan karena bisa mengganggu ketertiban umum. Syukuran diadakan secara sederhana saja, agar semua berjalan tertib, aman dan nyaman. Jika ada pihak-pihak yang ingin menggagalkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, maka sama saja akan berhadapan dengan TNI dan kepolisian Indonesia.

Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia adalah lambang-lambang kenegaraan yang di dalamnya terdapat wujud Kedaulatan Rakyat dimana Presiden dan Wakil Presiden telah dipilih langsung oleh rakyat untuk memimpin  Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satu tugas TNI adalah menjaga keutuhan dan menegakkan kedaulatan NKRI. Hal ini merupakan tugas TNI yang terkandung dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI. Sehingga siapapun juga yang akan menggagalkan upacara pelantikan dan pengambilan sumpah dan janji Presiden terpilih pada tanggal 20 Oktober 2014 maka akan berhadapan dengan TNI.

Kepada masyarakat agar melakukan kegiatan routine seperti biasa pada saat  pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih. Kepolisian bersama dengan TNI akan selalu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat karena semuanya merupakan pertaruhan kedaulatan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Danrem 044/Gapo menekankan kembali tentang kesiapsiagaan satuan jajaran Korem 044/Gapo agar ditingkatkan sehingga pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terpilih benar-benar dapat dilaksanakan dengan tertib aman dan lancar serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Laksanakan tugas ini dengan sungguh-sungguh dan penuh keikhlasan, karena tugas ini merupakan tugas yang mulia.  Hindari segala bentuk pelanggaran selama melaksanakan siaga, demikian tuntasnya.

Kegiatan apel siaga dihadiri oleh Para Kasi, Pasi, Bintara, Tamtama serta peserta apel dari satuan Korem 044/Gapo, Yonif 200/R serta Kompi Kavaleri Yonkav 5/Serbu.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

KOREM 044/GAPO APEL SIAGA PENGAMANAN PELANTIKAN PRESIDEN DAN WAPRES RI TERPILIH