TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Korem 132/Tadulako laksanakan Sholat Idul Adha 1435 H

By 06 Oct 2014 05:16Berita Satuan
a

Sholat Ied dalam rangka hari raya Idul Adha 1435 H tahun 2014 yang dilaksanakan oleh Prajurit dan PNS Korem 132/Tdl beserta keluarga dan masyarakat dihadiri oleh Danrem 132/Tdl kolonel Inf  Ilyas Alamsyah, para Kasi dan Pasi Korem 132/Tdl, Dan/Ka satdisjan Rem 132/Tdl yang beragama Muslim, Ketua Persit KCK Koorcabrem 132 PD VII/Wrb Ny. Ilyas Alamsyah serta prajurit dan PNS Korem 132/Tdl serta keluarga dan masyarakat, dengan Imam, Uztad Drs. Ibrahim Laponci dan Darmansyah Ahmad, S.Pd.I.M.Pd.I  bertempat di lapangan Apel Makorem 132/Tdl Jl. Jendral Sudirman No. 25 palu, Minggu (05/10).

Dalam khotbah yang disampaikan oleh Ustad Darmansyah Ahmad, S.Pd.I.M.Pd.I  selaku Khotib mengatakan bahwa  idul adha atau juga kita sebut sebagai Idul Takbir , the great festival, atau hari raya qurban, adalah ibadah ritual yang di angkat dari kisah penyembelihan Nabi Ibrahim AS terhadap anaknya Ismail. Bapak dari agama-agama samawi, monoteistik atau Abrahamic relegion ini, sebagaimana di kisahkan dalam al-Qur’an adalah teladan sempurna dari manusia yang hidup sesuai dengan fitrahnya. Dengan fitrahnya yang murni, dia memperoleh kebenaran bahwa hanya ada satu Tuhan di atas segala makluk. Dia berjuang melawan kemusyrikan dan penindasan di tengah-tengah masyarakatnya, meskipun harus di usir dari kampung halaman sendiri oleh kaumnya, dan bahkan oleh bapaknya sendiri.” jelasnya.

Dengan keteguhan dan ketabahan Nabi Ibrahim A.s menunjukkan ketaatannya dan ketaqwaan kepada Allah, sesungguhnya ia telah memperoleh makna qurban yang dimaksud, yaitu keiklasan hati, ketaatan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Qurban artinya pendekatan, yaitu pendekatan kepada Allah. Setiap perbuatan yang mempunyai dampak pendekatan diri kepada Allah adalah suatu bentuk perbuatan qurban. Demikian hal yang berhubungan dengan Nabi Ibrahim A.s dan Ismail, yang dinilai Allah bukanlah penyembelihan anaknya tapi keiklasan hati, ketaatan dan ketaqwaan Nabi Ibrahim A.s dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Setelah selesai melaksanakan Sholat Idul Adha 1435 H,  Danrem 132/Tdl Kolonel Inf  Ilyas Alamsyah didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana KoorcabRem 132 PD VII/Wrb serta para Kasi Rem 132 menyerahkan secara simbolis hewan Qurban kepada Kabintalrem 132/Tdl Kapten Inf Rusman Tauji sebagai ketua pelaksana pemotongan hewan qurban yang terdiri dari 4 ekor lembu dan 6 ekor kambing yang akan disalurkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Korem 132/Tadulako laksanakan Sholat Idul Adha 1435 H