TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

LATIHAN MENEMBAK PRAJURIT KOREM 044/GAPO

By 24 Oct 2014 05:39Kodam II/Sriwijaya
BK1

Latihan menembak senjata ringan anggota Korem 044/Gapo triwulan IV TA. 2014 merupakan kesejahteraan prajurit Korem 044/Gapo dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan keterampilan menembak pistol dan senapan prajurit perorangan di satuan Korem 044/Gapo. Latihan ini dilaksanakan secara rutin dalam tahun 2014, hal ini selain untuk meningkatkan kemampuan menembak prajurit juga untuk meningkatkan kesiapsiagaan satuan dalam melaksanakan tugas.

Adapun sasaran latihan menembak ini adalah secara kuantitatif seluruh personel Perwira, Bintara dan Tamtama Korem 044/Gapo dan secara kualitatif bagi satuan tempur dan satuan intelijen jajaran Korem 044/gapo minimal mencapai tingkat mampu dengan perkenaan 80 % dengan nilai 80, untuk satuan lainnya minimal mencapai tingkat dapat dengan perkenaan 70 % dengan nilai 70.

Materi latihan menembak ini terdiri dari menembak senapan ringan dengan jarak 100 dengan 3 sikap (tiarap, duduk, berdiri) sedangkan menembak pistol dengan jarak 15 meter dengan sikap berdiri.

Kegiatan menembak diawali dengan apel personel dengan menyampaikan mekanisme latihan menembak dengan mengutamakan faktor keamanan menjadi prioritas utama dilanjutkan pemeriksaan perlengkapan menembak dan memperagakan urut-urutan kegiatan menembak mulai dari daerah persiapan (DP) sampai dengan titik berkumpul akhir (TB Akhir).

Penekanan faktor keamanan dalam latihan dengan mematuhi segala petunjuk dan arahan pelatih menembak agar diikuti dan dilaksanakan karena sebaik apapun pelaksanaan latihan bila ada korban jiwa maka latihan tersebut dinyatakan gagal, demikian penekanan Dankima Korem 044/Gapo Lettu Inf Farid kepada seluruh personel Korem 044/Gapo sebelum melaksanakan latihan menembak. Perlakukan senjata dengan semestinya jangan dianggap remeh kegiatan menembak karena bila kita menganggap kegiatan menembak ini merupakan kegiatan rutinitas yang gitu-gitu saja maka akan lengah yang berakibat fatal.

Latihan menembak senjata ringan ini dilaksanakan selama 2 hari secara bergantian, hal ini merupakan program kerja Korem 044/Gapo dan jajarannya yang harus dilaksanakan pada triwulan IV TA. 2014 sebagai bentuk pertanggung jawaban atas program kerja dan anggaran yang telah ditentukan dari Komando atas.

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis dan jumat, 23 s.d. 24 Oktober 2014 bertempat dilapangan tembak Kompi Senapan A Yonif 200/Raider dan dihadiri Para Perwira, Bintara dan Tamtama Korem 044/Gapo.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

LATIHAN MENEMBAK PRAJURIT KOREM 044/GAPO