Skip to main content
Kodam IV/Diponegoro

Lomba PBB Korem 071/WK

Dibaca: 1719 Oleh 16 Okt 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

Prajurit Korem 071/Wk melaksanakan lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) antar satuan baik Makorem 071/Wk maupun Balak Aju Kodam IV/Dip jajaran Korem 071/Wk bertempat di lapangan Upacara Makorem 071/Wk Jl.Gatot Subroto Sokaraja Banyumas. Lomba PBB yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Ke-69 TNI dan HUT Ke-64 Kodam IV/Diponegoro.

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Edison, S.E., M.M. pada kesempatannya menyaksikan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit Korem 071/Wk dalam melaksanakan permildas (peraturan militer dasar) bagi prajurit yakni kegiatan PBB. Selain itu, untuk menyegarkan kembali dasar-dasar keprajuritan maupun untuk merefresh kembali, serta untuk menjaga sikap dasar sebagai seorang prajurit terhadap aturan yang ada, yang terangkum dalam Peraturan Militer Dasar (Permildas).

Sedangkan sasaran yang akan dicapai mampu memahami dan mampu melaksanakan gerakan-gerakan permildas (PBB) bersenjata baik gerakan berjalan maupun di tempat.

Lomba PBB diikuti 8 tim dari berbagai satuan yakni Makorem 071/Wk, Denpom IV/1, Denpal “B” 04.12.01, Denbekang IV.44.01, Denkesyah 04.04.01, Ajenrem 071/Wk, Denhubrem 071/Wk, Gabungan Denzibang 1/IV dan Pekas Gabrah 29.  dengan materi yang dilombakan dalam Lomba PBB yaitu materi dengan senjata diantaranya unsur gerakan dasar di tempat yakni berhimpun, berkumpul berbanjar, berkumpul bersaf, lencang kanan, kiri dan depan, setengah lencang kanan dan kiri, berhitung dalam bentuk bersaf dan berbanjar, istirahat ditempat dan parade, serta penghormatan.

Baca juga:  Syukuran HUT Ke-48 Korem 084/Bhaskara Jaya

Unsur Gerakan Jalan diantaranya, maju jalan, ganti langkah, jalan ditempat, langkah biasa ke langkah tegap, langkap tegap ke langkah biasa, langkah perlahan ke langkah biasa, hormat kanan dan kiri, langkah biasa ke langkah lari, langkah lari ke langkah biasa, langkah lari ke langkah berhenti. Unsur Gerakan Perubahan Arah yakni dalam keadaan berhenti diantaranya hadap kanan/kiri, hadap serong kanan/kiri, buka dan tutup barisan, haluan kanan/kiri jalan, melintang kanan/kiri jalan. Dari berhenti ke berjalan diantaranya hadap kanan/kiri maju jalan, balik dan belok kanan maju jalan, dua kali belok kanan/kiri maju jalan, haluan dan melintang. Dari berjalan ke berjalan diantaranya dua kali belok kanan/kiri jalan, dua kali belok kanan/kiri jalan, haluan dan melintang, Dari berjalan ke berhenti diantaranya hadap kanan/kiri henti, hadap serong kanan/kiri henti, balik kanan henti, haluan kanan henti, dan melintang kanan/kiri henti. Unsur Gerakan Variasi diantaranya gerakan variasi ditempat, berjalan dan variasi berjalan dengan perubahan.

Selain hal tersebut, juga dinilai kerapian seragam peserta serta disiplin diantaranya penampilan, sikap dan ketetapan waktu. Unsur pimpinan dinilai dari aspek kerapian, suara, teknis gerakan, penjiwaan, dan  penguasaan lapangan.

Baca juga:  Penolong Ibu Melahirkan dapat Penghargaan Pangdam

Bertindak selaku tim penilai Mayor Arm Agus Haryono Kasdim 0701/Bms, Mayor Kav Haryono Kasdim 0702/Pbg, Mayor Inf Ahmad Kasdim 0704/Bna dan Mayor Arh Hendra Reza.

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel