TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Lomba Ton Tangkas Sarana Evaluasi Kemampuan Militer Prajurit

By 31 Oct 2014 05:49Kodam IV/Diponegoro
logo-tni-ad-featured-1600×900-3

Pangdam IV/Diponegoro Mayor Jenderal TNI Bayu Purwiyono membuka secara resmi lomba Ton Tangkas Satpur/Banpur Tingkat Kodam IV/Diponegoro yang dilaksanakan di lapangan Departemen Jasmani Akademi Militer, Magelang (28/10). Dalam amanatnya, Mayor Jenderal TNI Bayu Purwiyono menyampaikan bahwa lomba Peleton Tangkas ini dimaksudkan sebagai sarana dan bahan evaluasi terhadap sejauh mana tingkat kemampuan dan keterampilan militer yang telah dimiliki setiap prajurit di masing-masing Satuan.

“Laksanakan lomba dengan penuh jiwa sportifitas dan semangat untuk meraih kemenangan. Predikat juara memang menjadi sasaran dalam lomba tetapi jangan sekali kali karena hanya ingin meraih predikat juara maka kalian menempuh cara-cara yang tidak kesatria”, tegas Pangdam IV/Diponegoro.

Diharapkan lomba Ton Tangkas dapat dijadikan sebagai ajang untuk menunjukkan kemampuan terbaik antara lain melalui kemampuan menembak, oramil, taktik dan teknik militer, karena semuanya merupakan hal yang sangat mendasar dan tuntutan wajib dimiliki setiap prajurit TNI. Para prajurit harus mampu menunjukkan sosok prajurit TNI yang handal dan benar-benar mahir dalam ilmu dan keterampilan militer.

12 peleton Satpur/Banpur Tingkat Kodam IV/Diponegoro yang mengikuti lomba Ton Tangkas diantaranya Yonif 400/Raider, Yonif 403/WP, Yonif 405/SK, Yonif 406/CK, Yonif 407/PK, Yonif 408/SBH, Yonif 410/ALG, Yon Armed 3/105 Tarik, Yon Kav-2/Tank, Yon Zipur-4/TK, Yon Arhanudse-15, dan Kikavser-2/BS.

Sedangkan Materi yang dilombakan diantaranya menembak senapan 100 m 3 sikap, menembak pistol 25 m 1 sikap (2 tangan), kesegaran jasmani, Cross Country, renang militer, BDM Yong Moodo (kepemimpinan, rangkaian gerak berpasangan), ilmu medan teori dan praktek, serta HTF dengan materi naik togle, turun hesty, peluncuran, rayapan tali satu, jembatan tali dua, snapling, jaring pendarat dan lempika.

Lomba akan berlangsung mulai tanggal 28 Oktober sampai dengan 3 Nopember 2014 ini dilaksanakan dalam rangka kesiapan mengikuti lomba Ton Tangkas TNI AD tahun 2014.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Lomba Ton Tangkas Sarana Evaluasi Kemampuan Militer Prajurit