TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

MAKODIKLAT TNI AD PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA

By 29 Oct 2014 16:50Kodiklat
Sumpah 3

Bandung – Makodiklat TNI AD menyelenggarakan Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke–86 Tahun 2014 di Lapangan Upacara Makodiklat TNI AD jalan Aceh No.50 Bandung. Upacara ini diikuti oleh seluruh personel Makodiklat TNI AD. Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Komandan Kodiklat TNI AD Letjen TNI Lodewijk F. Paulus dengan Komandan Upacara Kabagpam Kodiklat TNI AD Kolonel Inf Stephanus Mahury,(28/10).

Dalam upacara kali ini, Irup membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi. Ia menyatakan bahwa dalam sejarah perjuangan bangsa, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang teramat penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dari mata rantai perjuangan bangsa kita. Bagi para pemuda Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepeduliannya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa bangsa lain di dunia.

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik kelahiran Bangsa Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928, oleh sebab itu seluruh rakyat Indonesia seharusnya mengingat dan memperingati kejadian pada tanggal 28 Oktober sebagai hari kelahiran Bangsa Indonesia, proses lahirnya Bangsa Indonesia ini adalah sebuah hasil dari perjuangan rakyat Indonesia selama ratusan tahun, mereka tertindas dan menderita di bawah kekuasaan bangsa kolonialis pada masa itu, keadaan yang menyedihkan inilah yang mendorong semangat para pemuda untuk membulatkan keinginan mereka untuk menjunjung nilai harkat dan martabat hidup rakyat Indonesia. Keinginan inilah yang mendasari komitmen perjuangan rakyat Indonesia dalam memperoleh pengakuan kemerdekaannya selama 17 tahun kemudian yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945.

Untuk itu Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun ini mengangkat tema ”Bangun Soliditas Pemuda Maju dan Berkelanjutan”. Tema tersebut mengandung pesan bahwa kita berupaya agar para pemuda dapat memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan nasional. Soliditas pemuda sangat penting artinya untuk mencapai kemajuan pemuda sebagai syarat utama kemajuan suatu bangsa. Jika pemuda solid maka bangsa kita akan semakin maju, kuat dan bersatu, sehingga pembangunan dapat kita laksanakan secara lancar dan berkelanjutan.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diperingati dengan penuh hikhmat,tertib, aman dan lancar. (Pen Kodiklat TNI AD)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

MAKODIKLAT TNI AD PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA