TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Mayjen TNI Toto Rinanto Jabat Pangdam Tanjungpura

By 02 Oct 2014 05:45Kodam XII/Tanjungpura
Untitled-1

Pucuk pimpinan Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura berganti. Mayor Jenderal Toto Rinanto Soedjiman dipercaya Panglima Tentara Nasional Indonesia Jenderal TNI Dr. Moeldoko menjadi Panglima Kodam XII/Tanjungpura yang wilayah kerjanya mencakup Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Selain itu, Kolonel Inf Moch Fachruddin, S.Sos dari Sahli Pangdam XII/Tpr Bid Ekonomi menjadi Danrem 121/Abw Kodam XII/Tpr di Sintang (Validasi orgas). Mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/693/IX/2014 tanggal 22 September 2014 telah diberhentikan dari dan Pengangkatan dalam jabatan dari lingkungan TNI termasuk 27 Perwira TNI lainya. Jumlah itu terdiri dari 21 perwira TNI AD serta enam TNI Angkatan Udara. Untuk TNI AD, salah satunya adalah jabatan Pangdam XII/Tpr dari Mayjen Ibrahim Saleh kepada Mayjen Toto Rinanto.

Kadispenum Puspen TNI Kolonel Infanteri Bernardus Robert mengatakan, mutasi 27 perwira TNI ini adalah dalam rangka pembinaan organisasi TNI. Selain itu juga untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang sangat dinamis dan semakin berat ke depan. “TNI terus melakukan upaya peningkatan kinerja TNI melalui mutasi dan promosi Jabatan Personel di tingkat Perwira TNI sehingga kinerja TNI ke depan lebih optimal,” kata Bernardus dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (25/9).

Mayor Jenderal TNI Toto Rinanto Soedjiman sebelum menjadi Pangdam XII/Tpr, Mayjen Toto sebelumnya menjabat sebagai Pengajar Bidang Padnas Lemhannas. Jabatan itu diembannya sejak Maret 2014. Nama Toto sudah tak asing lagi di Kalimantan Barat. Nama Toto sudah tidak asing lagi. Toto merupakan putra dari Mayjen TNI (Purn) Soedjiman yang merupakan mantan perwira teritorial Kodam Siliwangi, mantan Kasdam XII/Tpr dan mantan Komandan Korps Markas Pertahanan dan Keamanan (Dankorma Hankam), serta pernah menjabat Gubernur Kalbar periode 1978-1988.

Toto yang juga Perwira TNI Angkatan Darat kelahiran 12 Januari 1960 ini pernah menjabat sebagai Danrem 121/Abw (2010) di Kalbar. Akabri lulusan 1984 ini sangat berpengalaman di bidang infanteri. Toto pernah menjabat Kepala Staf Garnisun-1/Jakarta. Ia pun pernah menjabat Danrindam Jaya, Staf Ahli Kasad serta Kasgartap-1 Jakarta. Toto mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI atas kepercayaan untuk menjadi Pangdam XII/Tpr.

Dia menegaskan akan terus melanjutkan kebijakan yang sudah dijalankan Pangdam sebelumnya. Toto pun sudah mengenal wilayah Kalbar dan peta persoalan yang ada. Sebab, ia pernah menjabat Danrem 121 Abw. Kini, wilayah “kekuasaan” akan bertambah hingga ke Kalteng. “Saya akan kuasai Kalteng dulu, ” ujar Toto. Yang tak kalah penting, juga akan memprioritaskan masalah perbatasan Indonesia-Malaysia yang ada di Kalbar. “ tegasnya. Authentikasi : Kasi Pensat Penerangan Kodam XII/Tpr Mayor Arm Muskardi A.Md

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam XII/Tanjungpura Kodam IX/Udayana Kodam V/Brawijaya Kodam Jaya Dinas Penerangan Tips Kesehatan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Mayjen TNI Toto Rinanto Jabat Pangdam Tanjungpura