TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

MEMAKNAI PELAKSANAAN UPACARA

By 29 Oct 2014 16:37Kodam VI/Mulawarman
20141028d

Balikpapan,(08/10). Bertempat di lapangan upacara Makodam VI/Mlw Jln. Sudirman Balikpapan Selasa 28 Oktober 2014 dengan cuaca yang cerah, dilaksanakan Upacara Hari Sumpah Pemuda yang ke 86. Bertindak sebagai inspektur upacara Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono, S.IP. dan Komandan Upacara Letkol Inf M. Iqbal Zulkarnain.

Pelaksanaan Upacara ini diikuti oleh para Perwira, Bintara, Tantama dan PNS jajaran Kodam VI/Mlw. Bertindak sebagai pembaca pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Letda Cba Tri Aji Laga, pembaca Putusan Kongres Sumpah Pemuda Mayor Inf Maserani, SH. dan pembaca doa oleh Mayor Inf Ridwan dari Bintaldam VI/Mlw.

Usai pelaksanaan upacara bendera dilanjutkan pengarahan oleh Pangdam VI/Mlw. yang menyampaikan bahwa Organisasi Budi Utomo tahun 1908 dimana para cendekiawan pemuda menyampaikan gagasan Komitmen Nasional Pertama. Selanjutnya pada tanggal 28 Oktober 1928 tentang keinginan terbebas dari belenggu penjajahan. Hal tersebut disetujui dengan isi Komitmen Nasional Kedua dengan mengaku dan bersepakat Bertanah air satu tanah air Indonesia, Berbangsa satu bangsa Indonesia dan Berbahasa satu bahasa Indonesia. Komitmen ini ditindak lanjuti olah para pemuda Indonesia dan penjuang Indonesia sehingga muncul gagasan 1 Juni 1945 lahirnya Pancasila. Lima Sila yang menjadi perekat perbedaan-perbedaan yang ada di Republik ini dan menjadi Ideologi Negara itu disepakati menjadi Komitmen Nasional Ketiga.

Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945 sebagai Komitmen Nasional Keempat. Kita semua sepakat untuk merdeka keluar dari belenggu penjajahan selama kurang lebih 350 tahun, komitmen – komitmen tersebut harus kita pahami bersama baik oleh Prajurit dan PNS sebagai pilar-pilar bangsa. Cara untuk menghormati dan melaksanakan komitmen tersebut adalah dengan cara melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin, upacara 17 Agustus dan upacara hari besar lainnya termasuk upacara hari Sumpah Pemuda.

Kita juga dituntut untuk bersikap sempurna selama 30 menit untuk melakukan evaluasi diri mengenang kembali komitmen-komitmen itu untuk mengambil nilai-nilai positif yang ada disana untuk selanjutnya diimplementasikan pada pengabdian diri kita dimasa kini dan masa yang akan datang.

Diakhir pengarahannya Pangdam VI/Mlw menekankan kepada Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Kodam VI/Mlw untuk memaknai betul-betul, sehingga pelaksanaan upacara apapun bentuk upacaranya itu tidak didasarkan hanya untuk seremonial, bukan hanya berbaris rapi di depan, tetapi semuanya memahami makna-makna itu sehingga kita melaksanakan setiap kegiatan dalam bentuk apapun dengan baik dan benar serta bersungguh-sunguh.

Kegiatan upacara ini berlangsung dengan penuh hikmat, tertib dan aman. Turut hadir dalam kegiatan upacara tersebut Irdam VI/Mlw, Staf Ahli Pangdam VI/Mlw, para Asisten Kasdam, LO-AL, LO-AU, para Dansat dan Kabalak jajaran Kodam VI/Mlw. (Penerangan Kodam VI/Mlw)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

MEMAKNAI PELAKSANAAN UPACARA