TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam Buka TMMD Ke-93 Wilayah Kodam XII/Tanjungpura

By 12 Oct 2014 07:06Kodam XII/Tanjungpura
Tmmd 93-3a

Bengkayang. Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Toto Rinanto .S membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-93 Tahun 2014, berlangsungt di Desa Samalantan Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat, Kamis (09/10). Hadir dalam upacara tersebut Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, anggota FKPD, Perwira Ahli Ahli Pangdam, para Asisten/Kabalak, Danlanal Pontianak, Danlanud Singkawang II, Polri, Pejabat Pemda dan Dinas/Instansi terkait, Satpol PP, pelajar, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta masyarakat.

Sebagaimana diketahui, bahwa dalam Upacara Pembukaan TMMD Ke-93 Tahun 2014, dipusatkan oleh TNI Angkatan Darat di Desa Maluka Baulin, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, yang merupakan wilayah binaan Kodim 1009/Pelaihari Korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman.

Dalam amanat KASAD Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang dibacakan oleh Pangdam XII/Tpr, mengatakan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa telah dimulai sejak tahun 1980 dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Program ini berubah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), setelah era reformasi, adanya TAP MPR yang memisahkan Polri dari TNI.

Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih dari 34 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur diwilayah itu masih sangat relevan.

TMMD ke-93 ini TNI Angkatan Darat telah menggandeng Kementerian Kehutanan RI, untuk mensosialisasikan programnya tentang rehabilitasi dan konservasi sumberdaya hutan. Sasaran fisik yang dilakukan masih diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah akibat terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil. Penetapan sasaran fisik dan non fisik tersebut adalah untuk mewujudkan pencapaian tujuan dan sasaran TMMD.

Hal tersebut sejalan dengan tema TMMD Tahun 2014 yaitu ” Dengan Program TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Optimalkan Pembangunan di Pedesaan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”. Oleh karenanya, mari kita optimalkan tugas mulia ini, sebagai salah satu langkah nyata untuk mewujudkan serbuan teritorial dengan tujuan merebut hati rakyat, sehingga TNI dapat menjadi prajurit sejati, profesional, selalu mencintai dan dicintai oleh rakyatnya.

Selanjutnya penyerahan alat kerja secara simbolis oleh Pangdam XII/Tpr kepada perwakilan peserta TMMD Ke-93. Dandim 1202/Skw Letkol Inf Robby bertindak selaku Dansatgas TMMD Ke-93 wilayah Kodim 1202/Singkawang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam Buka TMMD Ke-93 Wilayah Kodam XII/Tanjungpura