TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM I/BB : PEDOMANI EMPAT KONSENSUS DASAR KEBANGSAAN

By 16 Oct 2014 06:23Kodam I/Bukit Barisan
paskibra oke

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si yang diwakili Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri buka  Lomba Paskibra Tingkat  SMU Sederajat Se Wilayah Prov. Sumatera Utara di Lapangan Benteng  jalan Pengadilan Medan, selasa (14/10).

Dalam amanatnya Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.S.i yang dibacakan  Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri mengatakan dilaksanakannya lomba Paskibra ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bela negara khususnya dilingkungan pelajar tingkat SMU dalam rangka menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air serta memiliki kepribadian Pancasila yang kokoh, menumbuhkan sikap mental bagi generasi muda sebagai warga Indonesia yang berkarakter, terwujudnya generasi muda Indonesia yang memiliki pengetahuan keterampilan, disiplin dan kesadaran dalam bela Negara. Karena itu diharapkan agar kegiatan lomba Paskibra ini dijadikan sebagai media untuk mempertebal rasa nasionalisme sebagai generasi penerus bangsa dengan mempedomani empat Konsensus Dasar kebangsaan yaitu : Pancasila, sebagai falsafah negara dan merupakan suatu konsep untuk menjadikan negara sebagai sarana perjuangan mewujudkan cita-cita bangsa. UUD 1945, sebagai sumber dari segala sumber hukum bagi bangsa Indonesia. Bhineka Tunggal  Ika, sebagai prinsip kehidupan sehari-hari dalam mengintegrasikan keanekaragaman komponen bangsa yang terdiri dari perbedaan suku, agama, adat istiadat dan kebudayaan. Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebagai wadah dari segala suku bangsa yang ada di negara Indonesia.

Lebih lanjut Kasdam I/BB mengatakan sebagai generasi muda penerus bangsa harus ada komitmen yang lebih kuat dan karya yang lebih mulia untuk melanjutkan serta dapat mengamalkan tradisi nilai-nilai perjuangan para pendahulu kita dengan cara terus bekerja keras dalam mengisi kemerdekaan ini.  Sebelum mengakhiri amanatnya  Pangdam I/BB berpesan baik kepada peserta lomba maupun kepada panitia dan dewan juri sebagai berikut : Kepada peserta lomba : Tingkatkan rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Rajin dan tekunlah kalian belajar, sehingga dapat meraih cita-cita yang kalian inginkan. Jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif seperti perkelahian antar pelajar dan Narkoba, Kepada panitia dan dewan juri : Laksanakan kegiatan perlombaan ini dengan sungguh-sungguh, fair play, jujur dan bertanggung jawab, utamakan faktor keselamatan dan keamanan baik personel maupun materiil sehingga tujuan dan sasaran lomba dapat tercapai sesuai yang telah direncanakan, adakan koordinasi yang baik antara panitia, dewan juri dan pihak sekolah guna menemukan solusi yang terbaik bila mengalami kendala-kendala selama berlangsung kegiatan lomba ini.

Kegiatan Ini di ikuti 18 peserta dari SMU Sederajat Se Wilayah Prov. Sumatera Utara di bawah binaan Kodim-Kodim sewilayah Sumut dan Batalyon BS Wilayah Medan.

Hadir dalam acara tersebut Irdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Staf Ahli Pangdam I/BB, Pa Lo AL dan Lo AU, Para Kabalakdam I/BB, Dandim 0201/BS, Para Danyon BS Wilayah Medan, Kadis Pendidikan Prov dan Kab/Kota Sumut dan para Ketua Yayasan dan Kepala Sekolah tingkat SMU sederajat di wilayah Kota Medan sekitarnya.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM I/BB : PEDOMANI EMPAT KONSENSUS DASAR KEBANGSAAN