TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM I/BB : PENTINGNYA CYBER DEFENCE DI LINGKUNGAN TNI

By 17 Oct 2014 19:36Kodam I/Bukit Barisan
DIRJEN POHAN

Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somatri didampingi Dirkomduk Dirkomduk Ditjen Pothan Kemhan Ir. Bennyta Suryo Septanto, MT memimpin Pencerahan Guna Meningkatkan Kemampuan SDM Cyber Di Ruang Manunggal Lt V Makodam I/BB Jalan Gatot Subroto Km 7,5 Medan, Rabu (16/10).

Dalam sambutannya Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.SI. yang dibacakan Kasdam I/BB mengucapkan selamat datang di Makodam I/BB kepada Ketua beserta Tim dari Kemenhan Dirjen Pothan dan seluruh peserta pencerahan. Di era globalisasi yang saat ini menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari oleh negara manapun, yang semua negara berusaha keras berinovasi untuk menjaga agar tidak tergerus oleh perubahan khususnya teknologi informasi yang di dalamnya mencakup teknologi, “inter connection networking”, atau biasa disebut internet. Pencerahan ini merupakan langkah maju untuk meningkatkan kemampuan SDM Cyber yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan mensosialisasikan tentang pentingnya Cyber Defence di lingkungan TNI, sebagai salah satu upaya untuk membekali para prajurit TNI dalam hal kesadaran pentingnya pemahaman dan penguasaan terhadap “Cyber Defence” sekaligus untuk menumbuhkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi untuk memperkuat ketahanan cyber dalam rangka mendukung sistem pertahanan Negara.

Lebih lanjut Kasdam I/BB menyampaikan bahwa masalah kejahatan dunia maya (cybercrime) saat ini patut mendapatkan perhatian lebih dari semua pihak, karena cybercrime berpotensi mengancam kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. TNI sebagai institusi yang memiliki tanggung jawab dalam masalah keamanan negara pun dituntut untuk tangguh di bidang informasi dan teknologi. Selanjutnya kepada tim dari Kemhan Dirjen Pothan agar memberikan penjelasan dengan jelas dan detail tentang cyber. Kepada para peserta pencerahan ikuti kegiatan ini dengan seksama, tanyakan segala sesuatu yang belum dipahami sesuai dengan kondisi dan kewenangan masing-masing.

Hadir dalam pencerahan tersebut Para Asisten Kasdam I/BB, Para Sahli Pangdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Waasrendam I/BB, Perwakilan dari TNI AL dan Perwakilan dari TNI AU. (Pendam I/BB)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM I/BB : PENTINGNYA CYBER DEFENCE DI LINGKUNGAN TNI