TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM I/BB TINJAU POSKO LATIHAN TERPADU PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KODAM I/BB TA 2014

By 15 Oct 2014 16:57Kodam I/Bukit Barisan
TINJAU POSKO LATIHAN

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. meninjau  langsung Posko Latihan Terpadu Penanggulangan Bencana Alam Kodam I/BB TA 2014, di Gereja GBKP Kabanjahe ,Selasa (14/10).

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. saat meninjau Posko Latihan mengatakan Materi yang diberikan yaitu latihan posko dan latihan lapangan. Dalam latihan posko yaitu melaksanakan analisa tugas pokok, melaksanakan perumusan, pengembangan, analisa dan olah yudha Cara bertindak, pengambilan keputusan yang terbaik dan perumusan konsep umum operasi serta penyusunan  Rencana Garis Besar dan Rencana Operasi. Sedangkan dalam latihan lapangan yaitu melaksanakan tugas dan peran masing-masing sesuai rencana operasi sinabung pada tahap tanggap darurat, melaksanakan Peraturan tetap pada tanggap darurat sesuai prosedur penganggulangan bencna BPBD Provinsi Sumut dan Tanah Karo serta melaksanakan kegiatan tanggap darurat sesuai klaster masing-masing. (ada 8 klaster yaitu kesehatan, pencarian, logistik pengungsian dan perlindungan, pendidikan, sarana dan prasarana, ekonomi, pemulihan dini) . Satgas yang tergabung sebanyak 586 orang , terdiri dari Pers kodam 404 orang, Polres Tanah Karo 90 orang, Pemda Tanah Karo 75 orang MDMC  7 orang dan Tagana 10 orang. Selain itu latihan terpadu juga memberikan pelayanan kesehatan yaitu mengobati masyarakat yang sakit ispa, membagikan masker kepada masyarakat dan petugas.

Lebih lanjut Pangdam I/BB mengatakan melalui kegiatan ini, TNI dan BPBD beserta komponen masyarakat berupaya membantu pemda dalam mengatasi kesulitan rakyat, sudah menjadi tugas kita untuk selalu peduli dan membantu kesulitan yang dihadapi rakyat. Di harapkan dengan latihan terpadu penanggulangan bencana alam agar para prajurit dan unsur terkait dalam penanggulangan bencana memiliki kemapuan dan keterampilan serta kecepatan bergerak yang tinggi untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan akibat bencana alam gunung meletus secara berhasil guna dan berdaya guna. Pangdam I/BB mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama TNI dan BPBD senantiasa membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan penanggulangan akibat bencana alam gunung meletus dan memegang teguh komitmen untuk selalu membantu kesulitan rakyat. Komitmen tersebut senantiasa dilandasi dengan tekad “berbuat terbaik, berani, tulus dan ikhlas”.

Hadir dalam acara tersebut Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Dandim 0205/TK dan Unsur FKPD Kabupaten Karo.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM I/BB TINJAU POSKO LATIHAN TERPADU PENANGGULANGAN BENCANA ALAM KODAM I/BB TA 2014