TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGDAM IM BUKA TMMD KE-93

By 12 Oct 2014 04:11Kodam Iskandar Muda
Untitled-1

Nagan Raya – Dalam meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat Pangdam IM Mayjen TNI Agus Kriswanto buka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-93 yang dilaksanakan di Desa Seupang Kec, Tadu Raya Kab. Nagan Raya, Kamis (9/10).

Dalam amanat Kasad Jenderal TNI Gatot Nurmantyo selaku penanggung jawab operasional TMMD yang dibacakan Pangdam menegaskan bahwa dalam konteks kepentingan akselerasi pembangunan, TMMD dapat dinilai sebagai suatu terobosan yang efektif, efisien dan produktif. TMMD sejak medio tahun 80-an, sampai dengan pelaksanaan TMMD ke-93 ini, secara serentak di 61 wilayah kabupaten/kota di Indonesia, menunjukkan relevansi, performance, kepedulian, dan kepekaan TNI dengan kepentingan rakyatnya, yang tidak menampakkan gelagat berkurang.

Dalam proses pemikiran TNI, untuk mendukung terwujudnya pertahanan negara di daerah yang tangguh, TNI berketepatan memilih TMMD sebagai salah satu bentuk pengabdian, disamping sebagai upaya TNI melestarikan nilai sejarah, terutama nilai kemanunggalan TNI – rakyat. Dari sisi tersebut, maka TMMD dapat dipandang dari dua segi, yakni pertama, secara substansial TMMD merupakan thesis keterlibatan TNI dalam pembangunan pedesaan. Kedua, dari sisi perakitan atau formulanya, merupakan lompatan metodologi pembangunan, yang mengacu kepada kesederhanaan, kebersamaan dan koordinasi lintas sektor fungsi dari beberapa instansi/lembaga.

Selanjutnya sasaran fisik yang dilakukan masih diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah, sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah akibat terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil.  Penetapan sasaran fisik dan non fisik tersebut adalah untuk mewujudkan pencapaian tujuan dan sasaran TMMD.

Hal tersebut sejalan dengan tema TMMD tahun ini, yaitu  ”Dengan Program TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementerian/Lembaga Pemerintah non Kementerian, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen bangsa lainnya, kita optimalkan pembangunan di pedesaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat”.

Oleh karenanya, mari kita optimalkan tugas mulia ini, sebagai salah satu langkah nyata untuk mewujudkan Serbuan Teritorial dengan tujuan merebut hati rakyat, sehingga TNI dapat menjadi prajurit sejati, profesional, selalu mencintai dan dicintai oleh rakyatnya. Kesemuanya itu, semata-mata untuk pembangunan Indonesia yang lebih makmur dan sejahtera. Untuk itu, berbuatlah yang terbaik, dengan berani, tulus dan ikhlas, serta tetap semangat.

Disela-sela pembukaan TMMD tersebut Pangdam, Danrem 012/TU dan Bupati Nagan Raya memberikan bantuan bingkisan sembako dan kitab Al-qur’an secara simbolis kepada warga Gampong Alue Seupeung. Sasaran TMMD ke 93 di Kab. Nagan Raya ini diantaranya pelebaran jalan sepanjang 4 KM dilintasan Simpang Jaya sampai ke Alue Seupeung kecamatan Tadu Raya, pemasangan gorong-gorong, serta kegiatan inon fisik diantaranya pengobatan masal,  penyuluhan kesehatan KB, pembagian buku tulis kepada anak-anak sekolah SD, SMP dan SMA.

Dalam perjalanan kembali dari pembukaan TMMD, Pangdam IM sempat menghentikan konvoi dan menghampiri serta memberikan buku tulis kepada anak-anak yang dengan antusias bermain menyaksikan rombongan konvoi di pinggir jalan dan berpesan kepada anak-anak untuk selalu giat belajar membaca maupun menulis agar nanati menjadi anak yang cerdas, yang berguna untuk bangsa dan negara.

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut Bupati Nagan Raya, Irdam, Danrem 012/TU, Asisten Teritorial, Kasrem, Para Kabalak jajaran Korem, Dandim 0116/Nara, Kapolres, Kepala BKKBN, Dansubdenpom Mbo, Dankesyah Mbo, Sekda, para perwira TNI dan para pejabat muspida Nagan Raya serta para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan organisasi kemasyarakatan.

POS TERKAIT
Filter by
Post Page
Kodam IV/Diponegoro Kodam XVII/Cenderawasih Kodam VI/Mulawarman Puspen TNI Kodam Iskandar Muda Berita Satuan
Sort by

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGDAM IM BUKA TMMD KE-93