Skip to main content
Kodam V/Brawijaya

PANGDAM V/BRAWIJAYA MAYJEN TNI EKO WIRATMOKO TANDATANGANI MoU DENGAN BKKBN

Dibaca: 3056 Oleh 15 Okt 2014Tidak ada komentar
#TNIAD #TNIADMengabdiDanMembangunBersamaRakyat

MALANG-Selasa (14/10), Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Eko Wiratmoko menandatangani MoU dengan BKKBN Pusat tentang Orientasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bagi 700 Babinsa Jajaran Korem 083/Bdj di GOR Ken Arok Malang.

Sesuai dengan UU TNI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, khususnya Pasal 7 mengenai tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dimana dari 14 tugas tersebut, satu diantaranya adalah membantu pemerintah di daerah. Selain itu masalah penduduk dalam perpektif system Pertahanan Negara menjadi sangat penting, karena TNI sebagai Komponen Utama tidak akan dapat menjalankan tugasnya apabila tidak didukung oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas dengan peran sebagai Komponen Cadangan dan Komponen Pendukung, dengan salah satu upaya untuk menghasilkan SDM yang berkualitas dengan mewujudkan ketahanan nasional melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Keterlibatan TNI (Para Babinsa) harus dapat membantu pemerintah dalam upaya menjaga keseimbangan pertumbuhan penduduk dan mewujudkan pembangunan yang berwawasan kependudukan dan keluarga kecil, yang bahagia dan sejahtera. Laksanakan kegiatan ini dengan penuh rasa tanggung jawab, dengan hati nurani dan tulus ikhlas, dengan menyapa seluruh masyarakat dengan ramah, papar Pangdam kepada para Babinsa saat menyampaikan sambutannya.

Baca juga:  Pangdam V/Brw Tutup Dik Secata PK Gel I TA 2015

Pada kesempatan yang sama pelaksanaan kegiatan Orientasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) bagi 700 Babinsa Jajaran Korem 083/Bdj ditutup oleh Komandan Korem 083/Baladhika Jaya Kolonel Arm Totok Imam S., S.IP., S.Sos., M.Tr (Han) di GOR Ken Arok Malang.

Untuk diketahui bersama bahwa perwakilan BKKPBN Provinsi Jatim saat ini hanya memiliki 2.568 orang tenaga Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) dan Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) BKKBN, sedangkan jumlah Desa dan Kelurahan 8.506, maka kekurangan tenaga penyuluh ini akan dapat dibantu oleh Babinsa sejumlah 8.626 untuk penyampaian informasi pelayanan program Keluarga Berencana yang dapat menjangkau sampai ke pelosok-pelosok desa dengan harapan akseptor KB semakin bertambah dan laju pertumbuhan penduduk di Jawa Timur dapat dikendalikan.

Hadir dalam acara ini Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim Ibu Ir. Dwi Listyawardani, M.Sc., Dip.Com, Asisten Teritorial Kasdam V/Brawijaya, Para Dan/Ka Balakdam V/Brw Wilayah Malang dan para Komandan Kodim serta Satuan Jajaran Bapras Korem 083/Baladhika Jaya, para peserta Babinsa dan Kepala SKPD KB Kabupaten dan Kota sejajaran Korem 083/Bdj.(Penrem 083/Bdj)

Baca juga:  Program TMMD 104, Wujudkan Doa dan Harapan Sawahni Punya Rumah Baru

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel