TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangdam  V/Brw buka TMMD ke-93 di Kodim 0829/Bangkalan

By 10 Oct 2014 17:30Kodam V/Brawijaya
PENYEMATAN TANDA PESERTA TMMD 1

Bangkalan (9/10).  Upacara pembukaan Operasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-93 Tahun 2014 di wilayah Kodim 0829/Bangkalan dibuka secara resmi oleh Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko dengan membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD di lapangan Desa Tanah Merah Dajah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan. Peresmian ditandai penandatanganan piagam penyerahan Proyek TMMD ke-93 dari Bupati Bangkalan R. K. Muh Makmun Ibnu Fuad kepada Dandim 0829/Bangkalan Letkol Inf Lucky Avianto dengan disaksikan oleh Pangdam V/Brw. Dalam konteks kepentingan akselerasi pembangunan, TMMD dapat dinilai sebagai suatu terobosan yang efektif, efisien dan produktif. Selain di Wilayah Kodim 0829/Bangkalan, TMMD Ke-93 akan dibuka secara serentak di 61 Kabupaten/ Kota, 71 Kecamatan dan 111 Desa di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan relevansi, performance, kepedulian dan kepekaan TNI dengan kepentingan rakyatnya.

Dalam sambutannya yang dibacakan Pangdam V/Brw, KASAD selaku PJO TMMD  menyampaikan bahwa program TMMD yang telah berlangsung lebih dari 34 tahun ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat, karena sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, daerah tertinggal, terpencil dan terisolir, sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah itu masih sangat relevan.

Menghadapi kondisi kerusakan hutan yang semakin bertambah dan pembakaran lahan masih sering terjadi di daerah-daerah tertentu, maka dalam TMMD ke-93 kali ini, TNI Angkatan Darat menggandeng Kementerian Kehutanan RI, untuk mensosialisasikan program pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan pengelolaan hutan dan daerah aliran sungai serta pentingnya rehabilitasi dan konservasi sumberdaya hutan. Mengingat fungsi hutan sebagai penyerap dan penampung karbondioksida, tempat hidup beraneka satwa serta penyimpan air.

Sasaran non fisik berupa kegiatan sosialisasi dan penyuluhan bidang lain juga diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat desa, guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan social yang lebih maju, sejahtera dan mandiri. Sedangkan sasaran fisik diprioritaskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana fasilitas umum lain yang menjadi kebutuhan masyarakat di daerah sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah akibat terbukanya isolasi antar desa atau daerah terpencil.

Selama ini program TMMD telah membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memantapkan  wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Melalui program TMMD secara berkesinambungan diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan Negara. Hal tersebut sangat sejalan dengan tema TMMD ke 93 yaitu “Dengan Program TNI Manunggal Membangun Desa, TNI Bersama-sama POLRI, Kementerian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Seluruh Komponen Bangsa lainnya, Kita Optimalkan Pembangunan di Pedesaan Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat“.

Sebelum mengakhiri sambutannya KASAD juga berpesan agar kita semua mengoptimalkan satu langkah nyata untuk mewujudkan serbuan territorial dengan tujuan merebut hati rakyat, sehingga TNI dapat menjadi prajurit sejati, professional, selalu mencintai dan dicintai oleh rakyatnya. Untuk itu berbuatlah yang terbaik, dengan berani, tulus dan ikhlas, serta tetap semangat.

Dalam wawancara singkatnya Pangdam V/Brw menjelaskan bahwa TMMD bertujuan untuk meningkatkan Pertahanan Negara, dengan membangun daerah diharapkan masyarakat  semakin sejahtera semakin mencintai daerahnya sehingga siap sama-sama TNI membela Negara daerahnya semakin maju dan sejahtera. Pada kesempatan tersebut Dandim 0829/Bangkalan selaku Dansatgas TMMD, Letkol Inf Lucky Avianto,  menjelaskan bahwa kegiatan TMMD Ke-93 Tahun 2014 akan berlangsung selama 21 hari, dimulai tanggal 9 s.d 29 Oktober 2014  dilaksanakan pada dua sasaran fisik-nonfisik. Sasaran fisik, meliputi : pengerasan dan pengaspalan jalan sepanjang 1.320 meter dari Desa Tanah Merah Dajah Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan ditambah sasaran tambahan : pembuatan MCK 3 unit di Desa Tanah Merah Dajah, pengobatan gratis, penghijauan kelapa unggul 2.500 pohon, mangga 300 pohon, jeruk keprok 1.000 pohon dan rambutan 300 pohon. Sedangkan sasaran non fisik diantaranya: penyuluhan/ceramah kesejahteraan rakyat (Pertanian, Peternakan, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Pendidikan dan Kesehatan/KB),  kesadaran  bernegara (UU Perkawinan, Agama, Pembinaan Mental dan Wasbang), kesadaran bela negara (BPBN dan Ketahanan Nasional), ketertiban masyarakat (Tertib Hukum, Kamtibmas, Kependudukan dan Bahaya Narkoba) serta pemutaran film layar lebar (Penyuluhan) dan Sosialisasi tentang keberadaan Mobil Pintar. Dalam TMMD kali ini melibatkan 150 orang Satuan Setingkat Kompi (SSK) dan masyarakat yang dikerahkan pada kegiatan TMMD pada setiap harinya adalah 50 orang tegas Dandim 0829/Bangkalan.

Selesai Upacara pembukaan TMMD diisi acara tambahan yaitu penyerahan bantuan dari secara simbolis dari  BKKBN Prop. Jatim, Dinas Kesehatan dan Dinas Kehutanan berupa Alat-alat Kontrasepsi Keluarga Berencana, makanan bayi dan obat-obatan serta bibit pohon kelapa. Acara tambahan ditutup dengan penampilan demonstrasi jurus-jurus silat dan perkelahian bersenjata maupun tangan kosong dari murid-murid perguruan pencak silat Joko Tole Kabupaten Bangkalan

Upacara pembukaan TMMD ke-93 dihadiri Kepala BKKBN Propinsi Jatim, Kasgartab III/Surabaya, Danpasmar I, Danrem 084/BJ, pejabat Polda Jatim,  unsur Forpimda Kabupaten Bangkalan, para Asisten,  Kabalakdam V/Brw, Kasrem, para Dandim dan Kasirem 084/BJ serta berlangsung aman, tertib dan lancar (Pen084).

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pangdam  V/Brw buka TMMD ke-93 di Kodim 0829/Bangkalan