TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PANGLIMA TNI : BINA SOLIDITAS SATUAN, TEGAKKAN RANTAI KOMANDO DAN MANTAPKAN KESATUAN KOMANDO

By 08 Oct 2014 02:57Kodam I/Bukit Barisan
KASDAM IRUP HUT TNI KE 69

Pangdam I/BB Mayjen TNI Winston P. Simanjuntak, S.I.P., M.Si. yang diwakili Kasdam I/BB Brigjen TNI Cucu Somantri Irup Pada Upacara Memperingati Hari Jadi Ke-69 TNI Tahun 2014 di Dermaga Mako Lantamal I/Belawan Jalan Serma Hanafiah Belawan Medan, Selasa (7/10).

Dalam sambutannya Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko yang dibacakan Kasdam I/BB mengatakan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI beserta keluarga, dimanapun saat ini bertugas dan berada mengucapkan “Selamat Ulang Tahun” dan “Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia”. Pada kesempatan ini, mengajak untuk menengok jauh ingatan ke belakang dan menghitung kembali tahun-tahun yang telah dilalui, dan merefleksikannya guna mencapai kemajuan yang lebih berarti. Untuk itu, TNI akan memaknai filsafat dan hakekat hari jadinya Ke-69 Tahun 2014, yang secara matematis TNI telah menghitung kemajuan yang telah dicapai, baik pembangunan fisik kekuatan dan kemampuan, serta pembangunan spiritual dan kultural. Pada hakekatnya, TNI merefleksikan dan mengevaluasi hari jadinya untuk meningkatkan kualitas perannya sebagai komponen bangsa serta tugasnya sebagai unsur keamanan dan pertahanan Negara, yang implementasinya ditunjukkan dengan ketaatan dan kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Penyelenggaraan HUT TNI merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan TNI yang telah dilaksanakan, khususnya pada Tahun Anggaran 2014. Oleh karena itu, tema pokok pada kegiatan HUT Ke-69 ini adalah “Patriot Sejati, Profesional dan Dicintai Rakyat”. Berangkat dari tema tersebut, TNI ingin menunjukkan bahwa TNI masih berada pada hakekat dirinya sebagai prajurit pejuang dan pejuang prajurit, yang “Cinta Negara”, “Cinta Bangsa”, “Cinta Rakyat” dan “Cinta Kehidupan”, yang makna kepatriotannya ditujukan untuk mengawal demokrasi dan menjaga kedaulatan serta keutuhan NKRI secara profesional, menuju Indonesia yang aman dan sejahtera.

Lebih lanjut Kasdam I/BB menyampaikan profesionalisme TNI merupakan salah satu substansi visi TNI dalam pembangunan dan pengembangan kapasitas TNI, sebagaimana yang diamanatkan Undang-undang, dalam rangka menjamin keberlangsungan pelaksanaan pembangunan nasional. Kasdam I/BB membacakan beberapa instruksi Panglima TNI untuk dipedomani sebagai berikut : Mantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan prajurit, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tugas prajurit TNI sangat berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa. Oleh karena itu tempatkan tugas di atas segala-galanya, karena tugas adalah kehormatan, harga diri dan kebanggaan. Kobarkan terus semangat pantang menyerah, rela berkorban, keunggulan moral serta senantiasa bersama dan bersatu dengan rakyat dalam setiap pelaksanaan tugas. Junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan negara Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Tingkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, dengan mencermati dan mengantisipasi perkembangan situasi secara terus-menerus, terhadap adanya upaya mengganggu kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI. Pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak azasi manusia. Bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando di setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas. Mantapkan kepemimpinan lapangan, budayakan belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh, benar dan baik, karena belajar dan berlatih merupakan jalan utama menuju tercapainya profesionalisme keprajuritan yang diharapkan.

Hadir dalam acara tersebut Wagubsu, Ketua DPRD Sumut, Kajati Provsu, Kejari Provsu, Walikota Medan, Danlantamal I/Belawan, Pangkosekhanudnas III Medan, Kasdam I/BB, Danlanud Soewondo Medan, Irdam I/BB, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Staf Ahli Pangdam I/BB, Pa Lo AL dan Lo AU, Para Kabalakdam I/BB, dan Ketua Dharma Pertiwi Daerah “A” beserta Pengurus.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PANGLIMA TNI : BINA SOLIDITAS SATUAN, TEGAKKAN RANTAI KOMANDO DAN MANTAPKAN KESATUAN KOMANDO