TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pengecekan pH Air di Brigif 20/IJK

By 28 Oct 2014 18:23Kodam XVII/Cenderawasih
IMG_20141027_155401 (1)

Komandan Brigade Infanteri (Brigif) 20/IJK Letkol Inf Endro Satoto, S.IP., MM. melakukan pengecekan terhadap pH air sumur bor yang terletak disamping garasi Kompi Markas Brigif 20/IJK, Sabtu (25/10). Pengecekan pH air sumur ini dilakukan dengan tujuan agar dapat menyediakan air yang bersih bagi warga Detasemen Markas (Denma) Brigif 20/IJK. pH merupakan derajat keasaman yang biasa digunakan untuk mengetahui tingkat keasaman atau kebasaan pada suatu larutan. Adapun salah satu syarat kimiawi untuk air yang bersih yaitu dengan pH air antara 6,5 – 9,2.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam upaya menurunkan atau menaikkan pH air jika pH-nya masih belum sesuai dengan yang diinginkan. Untuk menaikkan pH air, dapat menggunakan kapur gamping dan juga bahan kimia lainnya dengan takaran yang telah ditentukan yang diukur menggunakan pH meter. Sedangkan untuk menurunkan pH air dapat menggunakan tawas yang sekaligus sebagai proses pengendapan.

Warga Denma Brigif 20/IJK pastinya menginginkan air yang bersih untuk dikonsumsi sehingga aman bagi kesehatan. Komandan Brigif 20/IJK mengecek pH air sumur bor tersebut sebagai wujud kepedulian kepada anggota dan keluarga yang bertempat tinggal disekitar Denma Brigif 20/IJK. (Prd/Cen)

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Pengecekan pH Air di Brigif 20/IJK