TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

PESTA RAKYAT DALAM PAMERAN ALUTSISTA DI HUT TNI KE-69

By 09 Oct 2014 16:04Kodam V/Brawijaya
Kasad naik tank Leopard 2

SURABAYA-Rangkaian kegiatan memperingati HUT TNI ke-69 Tahun 2014 yang puncaknya dilaksanakan kemarin berjalan dengan lancar dan aman, sehingga sebagai ucapan syukur dan terima kasih, TNI dalam hal ini Kodam V/Brawijaya menggelar “Syukuran dan Pameran Alutsista HUT TNI ke-69” yang dibuka oleh Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko pada hari Rabu (8/10) di Lapangan Makodam V/Brawijaya.

Acara syukuran yang dihadiri kurang lebih 30.000 orang ini dikemas dalam pesta rakyat yang bertujuan sebagai ungkapan terima kasih kepada masyarakat khususnya masyarakat Jawa Timur atas kelancaran rangkaian kegiatan HUT TNI ke-69 dan sebagai wujud pertanggungjawaban TNI kepada rakyat karena semua Alutsista TNI di beli dari uang rakyat.

Adapun tema acara ini yaitu “Alutsista TNI AD sehari bersama rakyat di Surabaya”, dimana rakyat akan diajak keliling kota Surabaya dengan jarak 5 km dengan menggunakan Alutsista yang dimiliki oleh TNI AD.

Berdasarkan data dari Kolonel Arm Totok Sugiharto, S.Sos. Kapendam V Brawijaya, rute pelaksanaan pameran alutsista TNI AD keliling Kota Surabaya, antara lain:

  1. Rute utama start Jalan Raden Wijaya (depam Kodam V), jalan Gajahmada, pertigaan Gunung Sari, jalan Joyoboyo, jalan Raya Darmo, belok kiri menuju jalan Bengawan, jalan Kutai, jalan Hayamwuruk, jalan Kesatrian dan finish di jalan Raden Wijaya.
  2. Rute cadangan start jalan Raden Wijaya, jalan Gajah Mada, jalan Hayam Wuruk, jalan Adityawarman, jalan Mayjend Sungkono, putar balik depan gedung Juang 45, jalan Adityawarman, belok kanan ke jalan Hayamwuruk, jalan Kesatrian dan finish di Jl. R. Wijaya.

Yang dipamerkan dalam pameran Alutsista ini antara lain :

  • 15 Panser Anoa,
  • 8 Tank Leopard,
  • 21 Tank Scorpion,
  • 10 Tank Tarantula,
  • 5 Tank M113-A1,
  • 3 Meriam MLRS,
  • 2 Meriam 155 mm Caesar,
  • 2 Meriam 155 mm/KH 179,
  • 7 Meriam 105 mm/KH,
  • 4 Rudal RBS,
  • 4 Meriam 23 Zur/Grom,
  • 3 Helly,
  • 4 Tank BMP 3F TNI AL dan
  • 4 Tank LV 7 TNI AL. (ipg)

Dalam acara yang dihadiri oleh Wagub Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf dan pejabat TNI maupun Polri ini berjalan sangat meriah. Terasa dekat hubungan antara TNI dan masyarakat dan terlihat sangat sinergi antara keduannya. TNI kuat karena rakyat. Masyarakat Jawa Timur yang hadir dalam acara ini terlihat sangat bangga dengan keberadaan TNI. Bahkan masyarakat membawa spanduk yang bertuliskan Saya mencintai TNI seperti saya mencintai Ibu saya. Hal itu berarti bahwa keberadaan TNI diterima sangat baik oleh masyarakat.

Panglima TNI dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah/jajarannya, TNI dan Polri atas bantuan dan dukungannya atas terlaksanannya rangkaian kegiatan HUT TNI ke-69 ini. “Percayalah bahwa TNI akan bekerja bersama rakyat, hanya bersama rakyat TNI kuat dan hanya bersama rakyat TNI lebih kuat” tegasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dilaksanakan oleh Panglima TNI, KASAD, KASAL dan perwakilan KASAU dan diserahkan kepada Wagub yang diwakili oleh beberapa masyarakat yang hadir di acara ini. Setelah itu dilanjutkan penekanan tombol sirine yang menandakan bahwa pameran alutsista secara resmi dibuka untuk masyarakat.

VISI PANGDAM V/BRAWIJAYA MEWUJUDKAN KODAM V/BRW :
YANG DISIPLIN, PROFESIONAL, BERPRESTASI DAN DICINTAI OLEH RAKYAT

Kepala Penerangan Kodam V/Brawijaya, Kolonel Arm Totok Sugiharto, S.Sos.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

PESTA RAKYAT DALAM PAMERAN ALUTSISTA DI HUT TNI KE-69