TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Prajurit Yonif 733/Raider Merupakan Salah Satu Bagian Masyarakat Untuk Mendukung Tugas Pokok TNI

By 20 Oct 2014 16:50Kodam XVI/Patimura
latihan UST a

Yonif 733/Raider yg ada di Kodam XVI/Pattimura merupakan salah satu Batalyon kebanggan Angkatan Darat karena merupakan salah satu Batalyon pemukul Kodam, latihan Uji Siap Tempur (UST) yg sedang berlangsung sekarang ini merupakan akumulasi dari latihan sebelumnya diantarannya yaitu latihan perorangan, tingkat regu, tingkat kompi selanjutnya dia diuji mulai UTP, UTJ dan semuanya diakhiri Uji Siap Tempur tingkat kompi yang kita ujikan sekarang. Demikian yang dikatakan Danrindam XVI/Pattimura Kolonel Inf Eko Natalius selaku penyelenggara latihan UST tingkat Kompi saat ditemui Media Stasiun TVRI Maluku di sela-sela pelaksanaan latihan.

Tujuan dari pelaksanaan latihan UST Yonif 733/Raider adalah dalam rangka mendukung tugas pokok TNI sesuai UU No 34 tahun 2004 tentang Operasi Militer selain Perang yg salah satu klausulnya adalah membantu Pemerintah Daerah dalam rangka mengatasi gangguan insurdjen atau sparatis sehingga apabila ambon terjadi sesuatu Batalyon ini sudah siap untuk diturunkan, selain itu kita juga merespon dari keinginan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) untuk lebih mendekatkan diri TNI dengan masyarakat maka langkah kita sebagai penyelenggara yaitu semua penyelenggara, para pelatih membaur dengan masyarakat, makan dan tidur dengan mereka. Rindam sudah menyiapkan 4 unit rumah penduduk sebagai tempat tinggal sementara.

Semua uang makan, logistik penyelenggara kita dukung dan siapkan dimakan disini bersama masyarakat semua itu bertujuan agar masyarakat tahu kehidupan tentara bagaimana, karena TNI bagian dari masyarakat dan kita juga manusia biasa.dengan harapan masyarakat tidak ragu-ragu lagi, tidak usah takut, tidak usah berfikir yang negatif kepada TNI kita semua adalah Keluarga. Latihan ini kita laksanakan selama 4 hari sesuai dengan tahapan latihan 5 item latihan mulai ada penghadangan, penyergapan, patroli keamanan, pengepungan dan penggeledahan rumah. ”jelasnya”.

Lebih lanjut Danrindam mengatakan bahwa di akhir kegiatan kita membantu masyarakat dengan memberikan sarana & prasarana olahraga hal tersebut merupakan wujud kedekatan TNI dengan masyarakat. Telaga Kodok adalah tempat latihan yang luar biasa sesuai dengan standart pertempuran ada ketinggian, hutan, sungai nya karena Tentara harus bisa menguasai segala medan. Batalyon 733/Raider nantinya juga ada latihan pemantapan Raider lebih spesifik melatih khusus prajurit Raider”tegasnya”.

Pada kesempatan yang sama Asisten Operasi Kasdam XVI/Pattimura Kolonel Inf Hery Sapari juga menyampaikan bahwasanya rangkaian latihan UST Yonif 733/Raider yang sedang dilaksanakan sudah sesuai Kalender program latihan di setiap tahunnya. Sebelumnya sudah dilaksanakan UTP,UTJ, UST Pleton mereka yang sudah memenuhi persyaratan kelulusan berhak mengikuti UST Kompi yang sekarang sedang berlangsung. Nantinya tidak hanya Yonif 733/Raider yang mengikuti UST Kompi, semua Batalyon Infanteri yang berada di Kodam nantinya juga akan melaksanakan sasarannya yaitu untuk mendapatkan data secara nyata tingkat kemampuan personil yang terukur sesuai standart kemampuan pasukan Raider.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Prajurit Yonif 733/Raider Merupakan Salah Satu Bagian Masyarakat Untuk Mendukung Tugas Pokok TNI