TNI AD - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Satgaspam VVIP BDF Mulai Digelar

By 02 Oct 2014 03:38Berita Satuan
IMG_1074

(Puspen TNI). Asisten Operasi (Asops) Paspampres Kolonel Inf Ahmad Budi Handoyo mengecek secara langsung kesiapan Satuan Tugas Pengamanan (Satgaspam) kepala negara yang akan menghadiri sidang BDF (Bali Democracy Forum) VII di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada tanggal 10 s.d 11 Oktober mendatang, di lapangan hitam Paspampres, Jl. Tanah Abang Jakarta, Rabu siang (1/10/2014).

Satgaspam VVIP BDF yang berkekutan 829 personel, terdiri dari pasukan Paspampres dan juga BKO dari TNI AD, AL, dan TNI AU maupun dari kepolisian yang dilengkapi dengan sejumlah peralatan seperti deteksi, jihandak, nubika, dan juga anjing pelacak.

Sistem pengamanan BDF tahun 2014 dilaksanakan secara proporsional pada tingkat pengamanan tertinggi, selain itu konsep pengamanan TNI dilaksanakan sesuai prosedur yaitu pengamanan yang prima dan nyaman dalam artian digelar secara profesional dan proporsional. Semua prosedurnya telah disiapkan dengan matang termasuk pengamanan wilayah bandara yang secara khusus sudah memiliki mekanisme pengamanannya.

Kekutan personel TNI yang diterjunkan kurang lebih 2600 personil dalam pengamanan BDF ini disamping personil yang ada didaerah Darat, Laut, Udara dan unsur pengamanan tradisional seperti Pecalang (Satuan Pengaman Adat) juga melibatkan personil dari luar daerah seperti Mabes TNI, dan Paspampres.

Satgaspam Bandara melaksanakan latihan sterelisasi di daerah bandara, Satgaspam rute melaksanakan latihan pengamanan rute dari Bandara Ngurahrai sampai Nusa Dua Bali, Hal ini bertujuan agar arus lalu lintas dari dan menuju lokasi penyelenggaraan BDF dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengalami kemacetan. Petugas dari TNI dan Polri telah diterjunkan untuk mengatur lalu lintas menuju lokasi penyelenggaraan BDF yang ke VII di Nusa Dua Bali. Mereka juga melaksanakan pemeriksaan setiap kendaraan yang akan masuk BNDCC.

Selain satuan-satuan tugas pengamanan menempati kedudukan, secara parsial mereka melaksanakan latihan-latihan untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi. Penjemputan para kepala Negara dari Bandara Ngurah Rai ke BNDCC demikian juga sebaliknya, Satgasla melaksanakan pengamanan di perairan seputar Nusa Dua Bali, Satgashanud melaksanakan pemantauan udara, Satgaspamwil melaksanakan pengamanan di Bali dengan tergelarnya semua unsur yang terlibat dalam pengamanan BDF saat ini, Satgaspam BDF siap mengamankan jalannya sidang pada 10-11 Oktober mendatang.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Satgaspam VVIP BDF Mulai Digelar